Kami setiap tahun membina dan mengembangkan kemampuan para mahasiswa agar menjadi wirausahawan tangguh
Depok (ANTARA) - Universitas Pancasila Jakarta setiap tahun menggelar acara Entreprenuer Day untuk membina mahasiswa menjadi wirausahawan tangguh selepas mereka lulus dari perguruan tinggi tersebut.

"Kami setiap tahun membina dan mengembangkan kemampuan para mahasiswa agar menjadi wirausahawan tangguh," kata Ketua Pusat Pengembangan Kewirausahawan dan Layanan Karir Mahasiswa (PPKLKM) Universitas Pancasila Petiana Indriati di sela-sela acara Entreprenuer Day di Gedung Serba Guna (GSG) Universitas Pancasila Jakarta, Selasa.

Petiana mengatakan kegiatan Entretrenuer Day ini juga untuk mengsisi HUT ke-53 Universitas Pancasila (UP). Kegiatan tersebut merupakan muara akhir dari pembinaan program rutin di Universitas Pancasila yang menyiapkan 100 Enterprenuer setiap tahun.

Baca juga: Kesempatan jadi PNS kecil, Wapres ingatkan mahasiswa berwiraswasta

"Dalam dua bulan kami menyiapkan para mahasiswa dengan mempersiapkan entreprenuer mindset, observasi lapangan, teaching, evaluasi dan lainnya," katanya.

Untuk itu, kata Petiana, phaknya juga melakukan kerja sama dengan industri pihak ketiga meninjau secara langsung industri milenial itu seperti apa.

Langkahnya adalah kerja sama dengan UMKM DKI Jakarta untuk pembinaan supaya mendapatkan muatan inovasi dan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Lebih lanjut Petiana mengatakan pada 2034 Universitas Pancasila akan menjadi kampus Entreprenuer University, sehingga memberikan bekal mahasiswa melekat dalam prilaku kesehariannya.

"Jadi ketika lulus tidak nganggur begitu saja, namun bisa diisi dengan berbagai usaha untuk dikembangkan," katanya.

Baca juga: IAI Sultra dorong kapabilitas apoteker lewat entrepreneur kefarmasian

Dalam Entretrenuer Day ini dipamerkan hasil usaha 65 mahasiswa ditambah dengan tujuh fakultas yang menampilkan capaian Entreprenuer selama ini.

Selama ini kata Petiana beberapa hasil usaha para mahasiswa Universitas Pancasila mendapatkan penghargaan dan juga mendapatkan hibah dari Kemenpora, Kemensos dan lainnya untuk mengembangkan usaha agar semakin maju.

Sementara itu salah seorang juri Entreprenuer Day Ryan Angkawijaya memberikan apresiasi yang tinggi atas terselenggaranya Entreprenuer Day Universitas Pancasila tersebut.

"Produknya keren-keren salah satunya dalah penghemat bahan bakar minyak yang sampai 20 persen apalagi riset yang dilakukan sangat kuat. Ini tentunya menjadi modal untuk mengembangkan usaha," ujarnya.

Ryan juga mengapresiasi para mahasiswa yang ikut Entreprenuer Day tersebut karena disela-sela kesibukan mereka belajar masih sempat untum mulai melakukan bisnis.

"Biarlah tempat ini menjadi wadah bagi mereka untuk mulai berbisnis, dan jangan menyerah ketika produk yang mereka tawarkan tidak diterima masyarakat. Inilah tantangan untuk menaklukannya," ujarnya.

Baca juga: Wapres JK serahkan penghargaan Minang Entrepreneur Award
 

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2019