Jakarta (ANTARA) - Jeep Compass terbaru yang dikendarai pasangan pebalap Tb Adhy dan Popeye berhasil meraih juara nasional speed off road 2019 dengan nilai sempurna.

Dari tiga seri yang sudah dijalani itu, pasangan pebalap tim BMB Motorsport – Hascar Group itu berhasil menyapu bersih perolehan point menjadi 75.

Perolehan angka sempurna itu mereka raih di seri pembuka di Sirkuit Tembong Jaya, Serang, Banten (7--8 September), seri kedua di Sirkuit Suwarnadwipa Nusantara, Muara Bungo, Jambi, pada 19--20 Oktober, dan seri pamungkas juga di sirkuit kebanggaan warga masyarakat Provinsi Jambi (26--27 Oktober).

"Prestasi terbaik sebagai juara nasional 2019 ini merupakan gelar ke-5," kata Bayumurti, Manager Team BMB Motorsport – HASCAR Group dalam keterangannya, Selasa (29/10) malam.

Baca juga: BMB Hascar atur ulang ECU Jeep Compass siasati trek panjang

Baca juga: Jeep Compass "speed off-road" BMB Motorsport mejeng di Oto Bursa

 
Jeep Compass Hascar Group di Sirkuit Suwarnadwipa (ANTARA News/HO)


Gelar juara nasional 2019 itu bukan yang pertama bagi mereka. Gelar juara nasional pertama, mereka koleksi pada kejurnas speed off road tahun 2003 di kelas FFA.

Lalu pada tahun 2011 dan 2012, Tb Adhi berturut-turut menjadi juara nasional kelas G4 6 Cylinder. Tahun 2014 menduduki tahta juara nasional FFA.

Namun perjuangan si "Raja Speed Offroad" Nasional untuk meraih gelar juara nasional yang ke-5 itu tidak mudah.

Di SS-2 dari 4 SS yang dilombakan, pebalap kelahiran Banten itu sempat terkendala dengan kondisi track yang menjadi licin karena cuaca yang sangat terik.

"Lintasan menjadi sangat kering dan licin, sehingga traksi ban tidak bekerja sempurna," beber Tb. Adhi.

Baca juga: Jeep Compass Hascar Group tampil optimal di Suwarnadwipa

Baca juga: Jeep Compass "speed off-road" BMB Motorsport mejeng di Oto Bursa


Dampak dari traksi ban yang kurang mengigit ini, di SS 2 Jeep Compass hanya mampu meraih waktu 06 menit 06,83 detik untuk lintasan sejauh 7,4 km itu. Padahal di SS 1, Tb. Adhi mampu membuat catatan waktu 05 menit 59,78 detik untuk jarak yang sama.

Berkat dukungan tim teknis MickeyMouse Motorsport, Jakarta, di dua  SS sisa performa Jeep Compass kembali normal. Di SS 3 tunggangan pebalap nasional itu mampu mencatat waktu terbaik 05 menit 44,98 detik. Pada SS penutup meraih waktu 05 menit 51,78 detik.

Tb Adhi mengucapkan terima kasih kepada BMB Motorsport, HASCAR Group, Accentwire, LMS Lifestyle Motorsport, Hasto Fiberworks, dan Ares Fire Suppression System, yang telah memberikan support selama mengikuti Kejurnas Speed Offroad 2019.

Baca juga: Jeep jual 72 unit mobil selama IIMS, nilai transaksi Rp95 miliar

Baca juga: Hascar bidik penjualan 100 unit Jeep Wrangler dan Compass
Pewarta:
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2019