SPKLU hadir di Aeon Mall BSD untuk mudahkan pemilik kendaraan listrik

SPKLU hadir di Aeon Mall BSD untuk mudahkan pemilik kendaraan listrik

Kendaraan listrik tengah memanfaatkan fasilitas pengisian baterai di SPKLU di Puspiptek Serpong (Foto ANTARA/ Ganet Dirgantoro)

Jakarta (ANTARA) - PLN menghadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di Aeon Mall BSD City Kabupaten Tangerang untuk memudahkan pemilik kendaraan listrik mengisi daya baterai.

"Penempatan SPKLU di Aeon Mall BSD sesuai dengan komitmen kami untuk menjaga lingkungan dan aktif memanfaatkan energi bersih," kata General Manager Aeon Mall BSD CIty, Windy Bharata di Serpong, Kabupaten Tangerang, Rabu.

SPLU yang dibangun PLN ini tidak hanya hadir di BSD, tetapi juga di empat kota lainnya, yakni Tangerang, Bali, Jakarta dan Bandung.

Hadirnya SPKLU ini merupakan bagian dari implementasi kelengkapan infrastruktur bagi kendaraan bermotor listrik berbasis baterei, sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019.

Berdasarkan perpres tersebut, PLN berkomitmen menyediakan sejumlah SPKLU baik yang disediakan secara mandiri oleh PLN ataupun melalui kerjasama dengan pihak swasta.

Baca juga: Gaikindo pastikan semua prinsipal otomotif sudah miliki mobil listrik
Baca juga: PLN dukung kendaraan listrik mulai dari SPKLU hingga diskon TDL


PLN juga telah menggandeng kerjasama dengan 20 mitra strategis dalam kerjasama percepatan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai untuk transportasi jalan dan SPKLU beberapa waktu yang lalu.

Dalam tahun ini, PLN berencana membangun 10 SPKLU di seluruh Indonesia. Secara berangsur sampai tahun depan, diharapkan jumlahnya terus bertambah guna menunjang hadirnya perangkat kendaraan listrik mulai dari mobil listrik berbasis baterei, skuter (motor listrik) dan berbagai kendaraan listrik lainnya.

Melalui kerja sama tersebut, PLN telah mengikat kerja sama dengan 20 perusahaan swasta dan juga BUMN dalam hal penyediaan SPKLU di sejumlah instansi, termasuk area parkir kendaraan bermotor di berbagai perkantoran dan di pusat-pusat perbelanjaan.

Itu semua dilakukan sebagai upaya menciptakan terwujudnya ekosistem kendaraan bermotor listrik berbasis baterei di Indonesia guna menciptakan Indonesia yang tidak hanya bebas dari polusi, namun juga dalam jangka panjang, sekaligus mengurangi ketergantungan terhadap energi fosil yang tidak dapat diperbarui.

Pewarta: Ganet Dirgantara
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Bamsoet yang memilih profesi jurnalis dan mobil listrik

Komentar