Nelayan ditemukan meninggal, setelah hilang sepekan di Tasikmalaya

Nelayan ditemukan meninggal, setelah hilang sepekan di Tasikmalaya

Petugas mengevakuasi jasad nelayan yang hilang di laut Tasikmalaya, Jawa Barat, Rabu (30/10/2019). ANTARA/Feri Purnama

Jenazah dibawa ke Puskesmas Cikalong menggunakan ambulans untuk dilakukan pemeriksaan lanjutan
Tasikmalaya (ANTARA) - Petugas gabungan menemukan seorang nelayan dalam keadaan meninggal dunia yang sejak sepekan dilaporkan hilang terseret ombak di Laut Pantai Pangkalan, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Rabu.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Jawa Barat, Deden Ridwansah mengatakan, korban atas nama Ence (45) nelayan asal Kabupaten Sukabumi itu berhasil ditemukan di wilayah Cimerak, Kabupaten Pangandaran atau berjarak 19 Km dari lokasi korban hilang.

Baca juga: Petugas cari nelayan hilang di laut Tasikmalaya


"Info dari seorang nelayan Cimerak atas nama Jajang bahwa korban atas nama Ence ditemukan dalam keadaan meninggal dunia," katanya.

Ia menuturkan, korban yang hendak mencari ikan di perairan laut selatan Jabar itu dilaporkan perahunya terbelah setelah dihantam ombak di Pantai Pangkala, Tasikmalaya pada Kamis (24/10).

Baca juga: Kapal dihantam ombak di Laut Tasikmalaya, nelayan dinyatakan hilang

Jasad korban itu, kata Deden, langsung dievakuasi menggunakan perahu nelayan untuk selanjutnya dibawa ke Puskesmas Cikalong.

"Jenazah dibawa ke Puskesmas Cikalong menggunakan ambulans untuk dilakukan pemeriksaan lanjutan," katanya.

Baca juga: SAR Kupang cari dua nelayan yang dilaporkan hilang saat melaut

Pencarian korban melibatkan unsur gabungan yakni Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tasikmalaya, sukarelawan, nelayan, kepolisian dan TNI.

Sebelumnya korban dinyatakan hilang di perairan Pantai Pangkalan pada 24 Oktober 2019 pukul 04.30 WIB setelah perahunya terbelah menjadi dua karena diterjang ombak bersama seorang rekannya.

Rekan korban berhasil menyelamatkan diri hingga tiba ke daratan dengan cara memanfaatkan potongan perahu hingga terdampar dan diselamatkan warga sekitar.

Kedua nelayan tersebut merupakan nelayan asal Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi yang hendak mencari ikan dengan tujuan Batu Karas, Pangandaran.

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

KUPP Sadai terbitkan 582 pas kecil kapal nelayan

Komentar