Biak (ANTARA) - Jajaran Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Biak Numfor, Papua menyiagakan petugas jaga dan pemadam kebakaran untuk memberikan bantuan pencegahan penanggulangan bencana alam mengantisipasi perubahan cuaca musim hujan di daerah setempat.

"Setiap waktu petugas BPBD Biak siap siaga menghadapi bencana, ya ini telah menjadi tugas utama untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat,"ungkap Kabid kesiapsiagaan bencana BPBD Biak Asep Setia di Biak, Rabu.

Ia mengatakan untuk siaga petugas bencana dilakukan setiap hari sesuai dengan jadwal jam piket waktu kerja. "Kesiapsiagaan penanggulangan bencana harus terus dilakukan warga mengingat terjadinya perubahan cuaca di daerah setempat.

Baca juga: Kemensos: Masyarakat harus miliki pengetahuan hadapi bencana alam

"Personel BPBD Biak senantiasa setiap hari bertugas jaga untuk memberikan pelayanan tugas kemanusiaan di daerah ini,"ujarnya.

Koordinator jaga petugas pemadam kebakaran R.Barias mengakui, untuk tugas jaga siaga bencana kebakaran dilakukan dalam tiga pergantian waktu jaga dari pagi, siang hingga malam hari.

"Memberikan bantuan pertolongan kepada warga yang membutuhkan menjadi bagian dari tugas pelayanan personel pemadam kebakaran," ujar Barias di sela-sela waktu siaga bencana jaga BPBD Biak.

Sebelumnya, Kepala Badan Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Biak Melkianus Kotta mengakui, jajaran personel Basarnas kantor SAR Biak senantiasa berjaga selama 24 jam untuk memberikan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan.

"Semua anggota di kantor SAR Biak dan pos SAR Supiori, Pos SAR Serui dan Pos SAR Nabire senantiasa siap siaga untuk membantu warga yang terkena musibah,"katanya.

Baca juga: Penanganan bencana di Indonesia butuh multilateralisme

Pewarta: Muhsidin
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2019