Turki : Kesepakatan dengan Rusia soal Suriah 'hampir' tercapai

Turki : Kesepakatan dengan Rusia soal Suriah 'hampir' tercapai

Pasukan Kurdi di Suriah YPG tidak sepenuhnya mundur dari wilayah perbatasan sebagaimana disepakati dalam kesepakatan yang diperantarai Rusia, kata Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu pada Senin (Anadolu Agency)

Ankara (ANTARA) - Pembicaraan antara pejabat Turki dan Rusia tentang perkembangan di Suriah timur laut telah berakhir dan kedua delegasi "hampir" mencapai kesepakatan, demikian Menteri Pertahanan Turki Hulusi Akar, yang dikutip media pemerintah, Rabu.

Baca juga: Turki: Gerilyawan YPG tidak sepenuhnya mundur dari perbatasan Suriah

Pada Selasa Presiden Turki Tayyip Erdogan mengatakan Rusia telah memberitahu Turki bahwa YPG Kurdi Suriah meninggalkan "zona aman" yang direncanakan dalam tenggat waktu yang ditentukan oleh Ankara dan Moskow. Berdasarkan kesepakatan keduanya, Rusia dan Turki akan memulai patroli gabungan.

Baca juga: Rusia terlibat pembicaraan Suriah - SDF pimpinan Kurdi

"Pembicaraan antardelegasi dengan Rusia telah rampung beberapa saat yang lalu. Kesepakatan sebagian besar tercapai. Upaya kami berlanjut dengan cara yang saling memahami dan konstruktif," kata Akar, seperti yang dilansir Kantor Berita Anadolu.

Baca juga: Rusia: Suku Kurdi sudah tarik pasukan dari perbatasan Suriah-Turki

Sumber: Reuters

Penerjemah: Asri Mayang Sari
Editor: Mohamad Anthoni
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Erdogan dijadwalkan kunjungi Indonesia 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar