Tenis

Elina Svitolina pastikan tiket semifinal WTA Finals

Elina Svitolina pastikan tiket semifinal WTA Finals

Dokumentasi: Petenis asal Ukraina Elina Svitolina melakukan selebrasi setelah mengalahkan petenis Republik Ceko Karolina Pliskova dalam turnamen tenis WTA Finals di Shenzhen Bay Sports Center, Shenzhen, provinsi Guangdong, China, Senin (28/10/2019). (ANTARA FOTO/REUTERS/Aly Song/foc/cfo)

Jakarta (ANTARA) - Juara bertahan Elina Svitolina menjadi petenis pertama yang memastikan tiket semifinal di WTA Finals di Shenzhen, China, Rabu, dengan kemenangan dua set langsung atas Simona Halep, sementara Bianca Andreescu mundur karena cedera dalam pertemuannya dengan Karolina Pliskova.

Juara AS Terbuka berusia 19 tahun Bianca Andreescu menarik diri setelah berakhirnya set pertama saat kalah 3-6 lantaran mengalami cedera pada lutut kirinya di tengah-tengah pertandingan ketiga, demikian dilansir dari Reuters.

Andreescu memenangkan dua gim pertama tetapi dia harus berjuang keras setelah meminta waktu cukup lama untuk pemeriksaan kakinya yang terlihat terbalut itu dan dia akhirnya mengakui kekalahannya setelah Pliskova melepas pukulan mematikan pada gim kesembilan.

"Saya benar-benar menantikan pertandingan ini karena saya pikir bisa memenangkannya setelah awal yang bagus melawan Svitolina," kata Pliskova, yang sempat mengalami kekalahan pada laga pembuka melawan petenis Ukraina itu dengan dua set langsung.

"Saya benar-benar bersemangat untuk hari ini, tetapi saya minta maaf dia harus mundur."

Pliskova selanjutnya akan menghadapi Halep di pertandingan terakhir "group ungu" pada Jumat dan pemenangnya akan memastikan tiket semifinal bersama Svitolina.

Baca juga: Naomi Osaka mundur dari WTA Finals karena cedera bahu

Svitolina memastikan kemenangan 7-5 6-3 atas sang juara Wimbledon ketika ia meraih kemenangan kedua berturut-turut dalam dua hari seusai mengalahkan Pliskova sekaligus menjamin posisi dua teratas di fase kompetisi round-robin.

"Itu adalah pertandingan yang sangat menguras fisik saat kami berdua mengejar banyak bola. Kami meninggalkan banyak energi di lapangan," kata Svitolina.

"Saya masih bermain sangat solid hari ini dan pertahanan saya sangat bagus sehingga saya sangat senang dengan laga itu."

Svitolina membuat awal yang kuat dalam pertandingan itu dengan mematahkan serangan-serangan Halep sekaligus mengemas keunggulan tiga gim atas petenis Rumania itu, yang kemudian berupaya menyamakan skor di pertengahan set.

Sementara itu di set kedua, Halep berupaya mengurangi kesalahan-kesalahannya meskipun akhirnya dia tidak mampu lagi menahan gempuran Svitolina yang memastikan kemenangannya di pertandingan tersebut.

Pewarta: Junaydi Suswanto
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar