Jakarta (ANTARA) - Dick Advocaat yang kini berusia 72 tahun telah menyetujui mengambil alih kursi manajer Feyenoord selama sisa musim setelah hengkangnya Jaap Stam, media-media Belanda melaporkan pada Rabu.

Mengutip Reuters, keputusan ini melanjutkan tren terbaru pelatih veteran tersebut untuk membantu tim yang bermasalah.

Feyenoord belum secara resmi mengumumkan penunjukan sang manajer pada Rabu. Namun, Advocaat telah mengkonfirmasi minatnya dalam satu wawancara radio dan saluran televisi Belanda Veronica. Dia mengatakan segera meninggalkan perannya sebagai analis Liga Champions dan berbicara dengan klub di Rotterdam itu.

Advocaat pernah tiga kali bertugas sebagai pelatih tim nasional Belanda, yang terakhir selama enam bulan pada 2017 sebelum beralih ke Ronald Koeman.

Baca juga: Jaap Stam mundur sebagai manajer Feyenoord

Dia sempat gagal menyelamatkan Sparta Rotterdam dari degradasi di Eredivisie pada musim 2017-2018 tetapi ia berhasil membantu Utrecht pada musim lalu dan membawa mereka meraih suatu tempat di Liga Europa.

Dia telah menyelamatkan Sunderland dari ancaman degradasi di Liga Premier Inggris pada 2015.

Advocaat juga pernah bekerja di Glasgow Rangers, Borussia Moenchengladbach, Zenit St Petersburg dan Fenerbahce.

Pengalaman lainnya, dia pernah melatih tim nasional Belgia, Rusia, Serbia, Korea Selatan, dan Uni Emirat Arab.

Advocaat juga bekerja di Feyenoord pada 2016 sebagai penasihat untuk pelatih Giovanni van Bronckhorst. DIa diperkirakan akan mulai menangani tim itu untuk pertama kalinya di VVV Venlo, Minggu.

Baca juga: Ajax buat De Klassieker berjalan timpang, habisi Feyenoord 4-0

Feyenoord membuat awal buruk pada musim ini di bawah Stam, hanya memenangkan tiga dari 11 pertandingan dan bercokol di urutan ke-12 klasemen liga Belanda. Mereka juga terpuruk di papan bawah grup Liga Europa setelah kalah dari Rangers dan Young Boys.

Pelatih sebelumnya yang juga mantan bek Manchester United, Stam, hanya bertahan selama 120 hari dalam pekerjaan itu dan kemudian dia mengundurkan diri pada Senin.

Baca juga: Young Boys tundukkan Feyenoord saat Porto dan Rangers berbagi poin

Pewarta: Junaydi Suswanto
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2019