Danau Beratan Bali surut tidak kurangi kunjungan wisatawan

Danau Beratan Bali surut tidak kurangi kunjungan wisatawan

Beberapa wisatawan asing berjalan di kawasan objek wisata Pura Ulun Danu, Danau Beratan, Tabanan, Bali, Kamis (6/6/2019). ((Foto Antaranews Bali/Made Adnyana/2018))

Kemarau panjang menyebabkan air Danau Beratan surut sejak lima bulan lalu hingga sekarang
Tabanan (ANTARA) - Air Danau Beratan di Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali, yang mengalami surut hingga 10 meter sejak Juni 2019 tidak mengurangi kunjungan wisatawan ke kawasan wisata Pura Ulundanu itu.

"Kemarau panjang menyebabkan air Danau Beratan surut sejak lima bulan lalu hingga sekarang, sehingga kondisi air di sekitar pura itu terlihat kering," kata pengelola objek wisata Ulundanu, Wayan Rastana, di Tabanan, Kamis.

Meski terlihat kering, katanya, namun para wisatawan masih tetap antusias berfoto selfie di kawasan objek wisata Ulundanu Beratan, Tabanan itu.

Baca juga: Jalur Singaraja-Denpasar padat saat libur Lebaran

"Selain berfoto, para pelancong pun beranjak mendekati area pura Ulundanu untuk menikmati area danau yang mengering itu," katanya.

Bahkan, wisata jelajah danau dengan menggunakan jetsky juga masih dilakukan dalam kondisi air yang surut itu.

Wayan Rastana menjelaskan surutnya air Danau Beratan merupakan fenomena tahunan, namun tahun ini tampaknya kemarau terjadi lebih panjang.

Sementara itu, Koresponden ANTARA di lokasi wisata itu melaporkan para pelancong yang berada di lokasi tampak suka melihat pemandangan objek wisata yang merupakan perpaduan pemandangan alam dan pura yang berada di tengah danau itu.

Danau Beratan merupakan satu dari beberapa danau besar di Pulau Bali dengan kedalaman antara 22 hingga 28 meter dan selama ini menjadi sumber air bagi beberapa kabupaten di Pulau Dewata.

"Pemandangan disini bagus membuat saya betah diam di sini berlama-lama. Hal ini pun dirasakan oleh keluarga saya, tempatnya enak untuk melepas lelah," ujar wisatawan asal Surabaya, Sekar.

Selain menikmati pemandangan, ia sempat berfoto-foto bersama teman dan keluarga dengan latar belakang pura di tengah danau. "Bagus banget soalnya pemandangannya, sayang untuk dilewatkan. Setelah foto-foto, saya dan teman berkeliling kawasan ini untuk menikmati pemandangan lainnya," katanya.

Baca juga: Dua siswa SMA tenggelam di Danau Beratan Bedugul
Baca juga: Pemkab Tabanan bentuk Pokja Penyelamatan Danau Beratan

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf/Pande Yudha
Editor: Ahmad Wijaya
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Meski airnya surut, Danau Beratan Bali tetap ramai didatangi wisatawan

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar