Formula 1

Statistik Grand Prix Amerika Serikat

Statistik Grand Prix Amerika Serikat

Pebalap Ferrari Kimi Raikkonen memimpin lomba Grand Prix Amerika Serikat 2018 di Sirkuit Americas, Austin, Texas (21/10/2018) Getty Images/AFP/Dan Istitene

Jakarta (ANTARA) - Lewis Hamilton memastikan gelar juara dunia keenamnya di balapan Grand Prix Amerika Serikat akhir pekan nanti untuk mendekati rekor Michael Schumacher yang telah mengemas tujuh titel.

Sementara Mercedes telah mengunci gelar konstruktor kali keenam beruntun di Jepang dan menyamai rekor Ferrari yang diciptakan dari 1999-2004.

Tim Silver Arrow dipastikan mengunci gelar ganda tahun ini dan keenam kalinya secara beruntun karena hanya Hamilton dan rekan satu timnya, Valtteri Bottas, yang masih berpeluang memperebutkan titel juara dunia musim ini.

Baca juga: Hamilton juara Grand Prix Meksiko

Hamilton unggul 74 poin dari Bottas dengan 78 poin tersisa di tiga seri terakhir.

Bottas harus menang di Austin jika ingin perebutan gelar juara tetap terbuka hingga di GP selanjutnya di Brazil, dua pekan berselang, demikian Reuters melansir.

Meski Bottas menang dengan tambahan poin dari waktu putaran tercepat, Hamilton hanya perlu finis P8 di Austin di saat 10 kemenangannya musim ini belum tertandingi.

Mercedes telah delapan kali finis 1-2 musim ini.

Hamilton telah menang 10 dari 18 balapan yang telah digelar musim ini. Bottas tiga kali, Max Verstappen dan Charles Leclerc masing-masing dua kali dan Sebastian Vettel satu kali.

Sedangkan hanya lima balapan musim ini yang dimenangi oleh pole sitter, Bottas di Azerbaijan, Hamilton di Monako dan Prancis, serta Charles Leclerc di Belgia dan Italia.

Baca juga: Hasil Grand Prix Meksiko, Hamilton berjaya berkat strategi Mercedes

Austin akan menggelar balapan Grand Prix ke-8 kalinya dan saat ini menjadi satu-satunya seri yang digelar di Amerika Serikat dalam kalender Formula 1. Balapan akhir pekan nanti akan menjadi GP Amerika Serikat ke-41.

Di antara jajaran pebalap tahun ini hanya Hamilton, Sebastian Vettel dan Kimi Raikkonen yang pernah menjuarai seri sebelumnya di Amerika Serikat.

Hamilton telah menang lima dari tujuh balapan di Austin dengan start dari pole position sebanyak tiga kali di sana. Vettel menang di Austin pada 2013 ketika membela Red Bull dan Raikkonen juara di Austin tahun lalu bersama Ferrari.

Hamilton mengunci gelar juara dunia ketiganya di Austin pada 2015.

Baca juga: Haas tawari Kubica peran pebalap uji dan simulator

Tujuh balapan di Austin sebelumnya telah dimenangi oleh pebalap yang start dari baris terdepan. Mercedes telah meraih pole position di lima tahun terakhir balapan di Austin.

Saat ini tak ada pebalap asal AS di F1. Haas menjadi satu-satunya tim yang berasal dari AS.

Hamilton bersiap untuk menyambut finis podium ke-150 sepanjang karirnya jika berjaya di Austrin. Sedangkan Max Verstappen akan menjalani start Grand Prix ke-100 sepanjang karirnya, seperti halnya Carlos Sainz dari McLaren dan Kevin Magnussen dari tim Haas.

Sirkuit of the Americas
Jarak satu putaran: 5,513km
Jarak total balapan: 308,405km
Pole position 2018: Lewis Hamilton (Britania) Mercedes, satu menit 32,237 detik
Juara 2018: Kimi Raikkonen (Finlandia) Ferrari
Rekor putaran tercepat di balapan: Hamilton, 1:32,392 (2018)
Start: Nov 4, 02:10 WIB

Baca juga: Peran budaya kerja di balik kejayaan Mercedes

Penerjemah: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar