Semarang (ANTARA) - Gubernur Ganjar Pranowo melantik Herru Setiadhie sebagai Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah, Kamis.

Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Penjabat Sekda Jateng dilakukan di Gedung Gradhika Bhakti Praja Semarang yang dihadiri oleh seluruh kepala organisasi perangkat daerah (OPD) dan Forkopimda di lingkungan Provinsi Jawa Tengah.

Herru Setiadhie yang merupakan Asisten Bidang Administrasi Setda Jawa Tengah akan menjabat sebagai Penjabat Sekda Jateng sampai proses administrasi dan ada surat keputusan dari Presiden terkait pemilihan sekda definitif.


Baca juga: Ganjar tunjuk Herru Setiadhie pelaksana harian Sekda Jateng

Saat memberikan sambutan dalam acara Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tenga, Ganjar meminta Herru Setiadhie untuk melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya, terutama yang menyangkut pembahasan anggaran.

"Saya minta agar segera memimpin organisasi, paling penting karena sekarang sedang pembahasan anggaran," katanya.

Menurut Ganjar, pelantikan dan pengambilan sumpah Penjabat Sekda Jateng tersebut sesuai dengan prosedur perihal persetujuan pengangkatan.

"Sampai 3 bulan nanti sambil kita menunggu proses surat-menyurat untuk administrasi Pak Sri Puryono (mantan Sekda Jateng, red.). Kalau nanti dari Presiden sudah turun, langsung kami buka lelang jabatannya," ujarnya.

Pengangkatan Penjabat Sekda Jateng tersebut juga untuk mengisi kekosongan jabatan setelah Sri Puryono mengambil cuti panjang dan periode jabatan definitifnya selesai pada tanggal 24 Oktober 2019.

Baca juga: Sekda Jateng menolak dievaluasi menjelang akhir masa jabatan

"Tugas dan wewenangnya penjabat sekda sama dengan sekda definitif, sekarang dengan adanya penjabat sekda ini terkait dengan kinerja bisa langsung di-handle.
Paling penting pembahasan anggaran tidak terkendala, kalau yang lain so far berjalan," katanya.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Jateng Wisnu Zaroh mengatakan bahwa Penjabat Sekda Jateng akan menjabat selama 3 bulan ke depan atau sampai terpilih Sekda Jateng definitif melalui proses lelang jabatan.

"Mudah-mudahan sebelum 3 bulan sudah ada sekda definitif. Kalaupun belum, Penjabat Sekda Jateng bisa diperpanjang jabatannya," ujarnya. ***2***

Pewarta: Wisnu Adhi Nugroho
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2019