BPBD tetap salurkan bantuan meski Pamekasan mulai diguyur hujan

BPBD tetap salurkan bantuan meski Pamekasan mulai diguyur hujan

Penyaluran bantuan air bersih ke Desa Bujur Timur, Kecamatan Batumarmar, Pamekasan oleh BPBD Pemkab Pamekasan. (ANTARA/Abd Aziz)

Pamekasan (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemkab Pamekasan, Jawa Timur hingga kini tetap menyalurkan bantuan, meski sebagian kecamatan di wilayah itu telah diguyur hujan, Kamis.

"Pendistribusian bantuan air bersih tetap kami lakukan, karena sumber mata air di sumur-sumur warga masih belum pulih," kata Koordinasi Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops-PB) Budi Cahyono di Pamekasan, Kamis.

Sejumlah kecamatan yang telah diguyur hujan antara lain, Kecamatan Palengaan, Pegantenan dan Kecamatan Pakong.

Baca juga: Bantuan air bersih di Pamekasan capai Rp1,3 miliar

"Hujan turun dengan deras hingga menggenangi jalan-jalan raya di wilayah itu," katanya.

Namun demikian, sambung Budi hujan yang turun hanya dalam hitungan jam, Kamis (31/10) pagi itu, tidak langsung bisa memenuhi kebutuhan air bersih warga di daerah terdampak kekeringan.

Sebab, sambung dia, sumber mata air di sumur-sumur warga masih kering, sehingga pendistribusian bantuan bersih perlu terus dilakukan.

"Kalau hujan turun hanya sebenar, apalagi hujan yang mengguyur sebagian kecamatan di Pamekasan tadi hanya sebentar, tidak bisa langsung bisa membuat sumur-sumur warga yang kering itu penuh," katanya.

Baca juga: Pemkab Pamekasan distribusikan 1.848 tangki bantuan air bersih

Pewarta: Abd Aziz
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Distribusi air bersih bagi warga terdampak kekeringan

Komentar