Trek KRL akan diperpanjang hingga Cikampek

Trek KRL akan diperpanjang hingga Cikampek

Suasana di Stasiun Kereta Api Karawang, Kamis (31/10). (ANTARA/Ali Khumaini)

Perpanjangan trek KRL awalnya sampai Cikarang. Tapi pihak Ditjen Perkeretaapian menginginkan sampai Karawang, bahkan Cikampek
Karawang (ANTARA) - Pemerintah akan membangun jaringan listrik untuk kereta rel listrik (KRL) hingga Kecamatan Cikampek Kabupaten Karwang, menyusul rencana  perpanjangan jalur KRL dari Jakarta hingga wilayah di Jawa Barat itu.

"Perpanjangan trek KRL awalnya sampai Cikarang. Tapi pihak Ditjen Perkeretaapian menginginkan sampai Karawang, bahkan Cikampek," ungkap Deputy Executive Vice President PT KAI Daop 1 Jakarta Sofyan Hasan, di sela kegiatan pelayanan kesehatan gratis di Klinik Kereta Stasiun Karawang, Kamis.

Baca juga: Kaltim matangkan pembangunan rel KA

Ia mengatakan sebenarnya PT KAI hanya sebagai operator pengoperasian kereta api. Namun perpanjangan rute KRL itu sudah dibahas dalam beberapa kali kesempatan.

Dari informasi yang diperoleh, kata dia, rute atau trek KRL dari Jakarta akan diperpanjang hingga wilayah Karawang, dan ke arah barat rute-nya sampai ke Serang.

Baca juga: Russian Railways mulai bangun rel kereta api di Penajam

Mengenai pembangunan jaringan listrik ke Karawang dan Serang, kemungkinan itu akan mulai dilakukan pada 2020.

Ia menyampaikan program perpanjangan rute atau trek KRL sebenarnya tidak terlalu rumit. Pihak Ditjen Perkeretaapian Kemenhub cukup membangun tiang listrik di sepanjang rel yang telah tersedia.

"Untuk relnya menggunakan rel lama," katanya.

Baca juga: Pembangunan rel KA Kaltim dimulai Desember

 

Pewarta: M.Ali Khumaini
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Aliran listrik putus, penumpang KRL diturunkan

Komentar