Melalui kerja sama ini, Sucofindo akan mendatangkan cargo Pusat Logistik Berikat PT KBS dan mengundang PT KBS untuk ikut serta mengelola logistik milik Sucofindo
Jakarta (ANTARA) - PT Krakatau Bandar Samudera (KBS) bersama PT Sucofindo (Persero) menandatangani nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) tentang Kerja sama Pemanfaatan Fasilitas Pusat Logistik Berikat (PLB) di Indonesia.

Penandatangan ini dilakukan oleh Direktur Utama PT Krakatau Bandar Samudera (KBS) Alugoro Mulyowahyudi dan Direktur Utama PT Sucofindo (Persero), Bachder Djohan Buddin di Graha Sucofindo.

“Melalui kerja sama ini, Sucofindo akan mendatangkan cargo Pusat Logistik Berikat PT KBS dan mengundang PT KBS untuk ikut serta mengelola logistik milik Sucofindo” ujar Alugoro lewat keterangannya di Jakarta, Kamis.

Pusat Logistik Berikat merupakan salah satu pengembangan bisnis PT KBS sebagai bentuk komitmen untuk mewujudkan Port Centric Integrated Logistics Company yang menerapkan konsep Green Port dan Smart Port.

Cakupan kerja sama ini berkaitan dengan inspeksi dan audit, pengujian dan analisa, sertifikasi, konsultansi, dan pelatihan terkait dengan pengelolaan pemanfaatan fasilitas Pusat Logistik Berikat di Indonesia.

Alugoro menambahkan, untuk jangka panjang, PT KBS akan menjadi Port Centric Supply Chain sehingga dapat memberikan pelayanan jasa kepelabuhan yang terintegrasi, modern dan efisien.

PLB PT KBS melayani produk baja maupun produk lainnya dan memiliki lokasi yang strategis yaitu di Cilegon, Banten yang tepat berada di pusat kawasan industri Cilegon serta dilengkapi infrastruktur transportasi yang memadai.

Selain itu, PLB PT KBS dilengkapi dengan sistem informasi yang lengkap berbasis IT yang dinamakan Port of Cigading Information System (PoCIS), konsumen dapat melihat langsung produknya melalui akses CCTV 24 Jam serta dapat melihat laporan keluar-masuk produknya.

PLB PT KBS ini juga memenuhi standar keamanan dan kelayakan open yard floor strength sebesar 5 ton/sqm, serta tersedia alat angkut berupa Forklift.

Dengan dibangunnya PLB, dapat mengintegrasikan jasa kepelabuhanan yang ada di KBS Group seperti truckingdan angkutan kargo menggunakan kereta api melalui PT Krakatau Jasa Logistik, handling bahan baku baja melalui PT Krakatau Argo Logistik, pelayanan bongkar muat melalui PT Multi Sentana Baja dan pelayanan angkutan produk baja melalui PT Wahana Sentana Baja.

Baca juga: BGR Logistics jadi Operator Pusat Logistik Berikat

Baca juga: Bea dan Cukai Jakarta hadirkan pusat logistik berikat e-commerce

Baca juga: PPLBI dukung industri TPT nasional

 

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2019