Muhaimin tegaskan komitmen keberpihakan dalam dinamika parlemen

Muhaimin tegaskan komitmen keberpihakan dalam dinamika parlemen

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar berpidato saat penutupan Muktamar PKB 2019 di Nusa Dua, Badung, Bali, Rabu (21/8/2019). ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/pras. (ANTARA FOTO/FIKRI YUSUF)

Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar menegaskan komitmen partainya berpihak kepada rakyat dalam dinamika politik parlemen karena keberpihakan tersebut menjadi bagian dari implementasi politik rahmatan lil alamin yang menjadi garis perjuangan PKB.

"Keberpihakan kepada mereka yang lemah dan dilemahkan akan tetap menjadi garis perjuangan PKB di parlemen," kata Muhaimin dalam acara Hari Lahir ke-20 Fraksi PKB DPR RI di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis.

Menurut dia, selama 20 tahun Fraksi PKB telah banyak mengadvokasi berbagai masalah yang dihadapi oleh konstituen maupun rakyat di Tanah Air.

Baca juga: Masuk usia 20 tahun, FPKB fokus perjuangkan tiga program prioritas

Dia mengatakan selama 20 tahun perjalanan FPKB DPR telah menjalankan fungsi-fungsi dalam bidang legislasi, anggaran, dan pengawasan dengan baik.

Muhaimin memberikan pujian atas langkah FPKB mengundang "Lord of Broken Heart" Didi Kempot sebagai idola Sobat Ambyar untuk memberikan hiburan.

"Kalau peran Fraksi PKB, di bidang advokasi, di bidang legislasi, di bidang budgeting, saya tidak ragu lagi. Tapi malam ini, peran Fraksi PKB nambah satu lagi mengumpulkan kaum patah hati," ujarnya.

Ketua Fraksi PKB DPR RI Cucun A Syamsurijal mengatakan selama lima tahun terakhir, banyak capaian yang dilakukan dari jajaran anggota fraksinya.

Menurut dia, berbagai advokasi yang dilakukan FPKB dalam kasus-kasus seperti konflik petani tebu di Jawa Timur, konflik agraria petani Teluk Jambe di Karawang, Jawa Barat, hingga pendampingan terhadap nelayan atas larangan cantrang memberikan banyak perbaikan nasib mereka.

"Sedangkan pengesahan UU Nomor 18 tahun 2019 tentang Pesantren menjadi kado terindah yang diberikan PKB di Peringatan Hari Santri tahun ini. Ke depan kami akan terus memperjuangkan aspirasi dari kader maupun masyarakat umum agar mendapatkan perhatian dari negara," katanya.

Baca juga: Muhaimin Iskandar memaparkan konsep Islam untuk kemanusiaan di Inggris

Hadir dalam puncak perayaan Harlah FPKB tersebut antara lain Ketua Umum PKB Abdul Muhaimin Iskandar, Ketua Fraksi PKB DPR Cucun Ahmad Syamsurijal, Sekretaris Fraksi PKB Fathan Subchi, dan Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Daniel Johan.

Selain itu juga hadiri kader PKB yang menjadi menteri di Kabinet Indonesia Maju antara lain Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar dan Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziyah.

Wakil Ketua DPR Aziz Syamsuddin, Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah, Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) Habib Aboe Bakar Al Habsy, Ketua Fraksi Partai Demokrat di DPR Edhie Baskoro Yudhoyono, dan Wakil Ketua DPD RI Sultan Bachtiar Najamuddin turut menghadiri acara tersebut.

Baca juga: Muhaimin sebut ekonomi dan religius adalah isu strategis di CDI

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Mohamad Anthoni
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Wapres nilai digelarnya CDI di Yogyakarta pilihan tepat

Komentar