Laporan dari Kuala Lumpur

Mahathir pimpin Malaysia hadiri KTT ASEAN di Bangkok

Mahathir pimpin Malaysia hadiri KTT ASEAN di Bangkok

Presiden Joko Widodo (kedua dari kanan) bersama Sekjen ASEAN Lim Jock Hoi (kiri), Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad (kedua dari kiri) dan Perdana Menteri Thailand Prayut Chan O-cha (kanan) meninggalkan panggung usai berfoto bersama saat 12th Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle Summit (IMT-GT SUMMIT) di Bangkok, Thailand, Minggu (23/6/2019). Pertemuan dilaksanakan di sela-sela KTT ke-34 ASEAN. ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari/foc.

Kuala Lumpur (ANTARA) - Perdana Menteri Malaysia Tun Dr. Mahathir Mohamad akan memimpin delegasi Malaysia pada KTT ke-35 ASEAN dan rangkaian pertemuan puncak terkait, yang akan diadakan pada 2–4 November 2019 di Bangkok, Thailand.

Menurut siaran pers Kemenlu Malaysia, Jumat, Mahathir akan didampingi isteri Tun Dr. Siti Hasmah Mohamad Ali, Menteri Luar Negeri Dato’ Saifuddin Abdullah, Menteri Perdagangan Internasional dan Industri (MITI) Datuk Ignatius Darell Leiking serta pejabat-pejabat Kantor Perdana Menteri, Wisma Putra (Kemenlu) dan MITI.

Konferensi tingkat tinggi itu merupakan sidang kedua dan yang terakhir di bawah kepemimpinan Thailand sebagai Ketua ASEAN tahun ini dengan mengusung tema "Memajukan Kemitraan untuk Keberlanjutan". 

Melalui tema tersebut, para pemimpin akan menyampaikan keberhasilan yang dicapai dalam pelaksanaan Visi Pemimpin "Kemitraan untuk Keberlanjutan" seperti yang telah ditekankan saat pertemuan puncak pertama pada Juni 2019 di Bangkok.

Saat berlangsung KTT ke-35 ASEAN, para pemimpin dijadwalkan membicarakan dan bertukar pandangan tentang masa depan ASEAN serta usaha pembangunan komunitas, pelaksanaan Visi Komunitas ASEAN 2025, serta membahas isu-isu penting regional dan internasional.

Para pemimpin ASEAN akan turut mengambil bagian pada serangkaian KTT ASEAN bersama pemimpin-pemimpin dari China, India, Jepang dan Amerika Serikat serta Sekjen PBB.

PM Mahathir juga dijadwalkan akan hadir pada KTT Asia Timur (EAS) dan KTT Kerja Sama Ekonomi Komprehensif Regional (RCEP).

Mahathir akan turut ambil bagian dalam ASEAN Business and Investment Summit 2019 (ABIS 2019) pada 2 November 2019, yang bertemakan "Memberdayakan ASEAN 4.0" dan digelar oleh ASEAN Business and Advisory Council (ABAC).

ABIS 2019 merupakan platform bagi kalangan pimpinan industri untuk berinteraksi dengan para pemimpin ASEAN dan luar ASEAN.

Baca juga: Presiden Jokowi akan mengikuti rangkaian KTT ASEAN 2-4 November

Baca juga: "Mengintip" Konferensi Tingkat Tinggi ke-35 ASEAN

Baca juga: Presiden berencana bahas pembangunan infrastruktur di KTT ASEAN  

 

RI jadi lawatan pertama PM Mahathir

Pewarta: Agus Setiawan
Editor: Tia Mutiasari
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar