Medan (ANTARA) - Panglima Kodam I/Bukit Barisan, Mayor Jenderal TNI MS Fafdhilah, berharap rapat evaluasi pelaksanaan program kerja dan anggaran ini tidak hanya seremonial semata.

"Namun dapat menemukan solusi agar kinerja yang dilaksanakan dapat memperoleh hasil yang lebih optimal, sesuai dengan program kerja dan anggaran yang telah ditetapkan," kata Fadhilah, dalam sambutannya ketika membuka rapat evaluasi Program Kerja dan Anggaran Kodam I/BB semester II TA 2019, di Markas Kodam I/Bukit Barisan, Medan, Jumat.

Selain itu, menurut dia, yang tidak kalah pentingnya adalah menguasai dan melaksanakan semua ketentuan yang berlaku, guna menghindari terjadinya penyimpangan, baik anggaran maupun administrasi.

"Rapat evaluasi pelaksanaan program kerja dan anggaran rutin dilaksanakan setiap semester, pada hakekatnya merupakan media untuk mengevaluasi dan membahas berbagai permasalahan yang terjadi pada pelaksanaan program kerja dan anggaran semester II TA 2019 yang dua bulan lagi akan berakhir," ujar Fadhilah.

Ia mengatakan, selain itu rapat ini sekaligus untuk merumuskan, merencanakan dan menyusun, serta sebagai media untuk saling berkoordinasi tentang pelaksanaan program kerja dan anggaran tahun 2019 sesuai ketentuan yang berlaku.

Sehubungan dengan akan berakhirnya program kerja dan anggaran semester II TA 2019, kepada seluruh satuan jajaran Kodam I/BB agar melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan program kerja yang telah dilaksanakan.

Pangdam juga menambahkan, evaluasi secara komprehensif sangat penting untuk dilakukan, karena melalui kegiatan evaluasi akan diketahui daya serap anggaran, progres atau kemajuan perkembangan fisik dan administrasi.

"Juga diketahui tingkat keberhasilan yang dicapai, serta permasalahan menonjol yang dihadapi satuan jajaran Kodam I/BB," kata dia.

Pewarta: Munawar Mandailing
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2019