Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo telah bertolak ke Thailand untuk menghadiri KTT ASEAN di Bangkok membawa misi pentingnya kerja sama konsep Indo-Pasifik.

"Penekanannya adalah bagaimana meningkatkan konektivitas di kawasan Indo-Pasifik," kata Menteri Sekretaris Negara Pratikno, di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Sabtu.

Baca juga: Presiden Jokowi akan mengikuti rangkaian KTT ASEAN 2-4 November

Menurut Pratikno, integrasi dalam konektivitas dapat mendorong perdagangan sehingga memacu pertumbuhan ekonomi di kawasan.

"Jadi bagaimana Indo-Pasifik ini menjadi sebuah kekuatan ekonomi dimulai dengan kekuatan konektivitas yang kuat sehingga perdagangan akan semakin kuat dan kerja sama ekonomi akan semakin kuat," ujar Pratikno.

Baca juga: Indonesia dorong kerja sama konkret Indo-Pasifik pada KTT ASEAN ke-35

Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Widodo bersama rombongan terbatas bertolak menuju Thailand untuk menghadiri rangkaian acara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-35 ASEAN dan KTT terkait lain yang diselenggarakan pada 2-4 November 2019.

KTT tersebut mengangkat tema "Memajukan Kemitraan untuk Keberlanjutan" bertujuan memastikan kemitraan sejumlah negara anggota ASEAN dan negara lainnya bagi keberlanjutan pertumbuhan di kawasan.

Baca juga: Presiden berencana bahas pembangunan infrastruktur di KTT ASEAN

Sejumlah rangkaian pertemuan yang juga akan dihadiri Presiden antara lain KTT Ke-22 ASEAN-Tiongkok, KTT Ke-16 ASEAN-India, KTT Ke-10 ASEAN-PBB, KTT Ke-7 ASEAN-Amerika Serikat, Pertemuan Para Pemimpin ASEAN Plus Three dengan Dewan Bisnis Asia Timur, KTT Ke-22 ASEAN Plus Three, KTT Ke-14 Asia Timur, KTT Ke-22 ASEAN-Jepang, dan KTT Ke-3 Kemitraan Komprehensif Ekonomi Regional.

Baca juga: "Mengintip" Konferensi Tingkat Tinggi ke-35 ASEAN

Baca juga: Jelang KTT ASEAN, keamanan di Bangkok diperketat

Pewarta: Bayu Prasetyo
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2019