Sebelum dibeli Google, Facebook sempat bidik Fitbit

Sebelum dibeli Google, Facebook sempat bidik Fitbit

Smartwatch Fitbit Charge 2. (fitbit.com)

Jakarta (ANTARA) - Raksasa teknologi Alphabet, perusahaan induk Google, resmi mengumumkan akuisisi Fitbit ketika Facebook dikabarkan juga sempat membidik perusahaan pembuat jam tangan pintar tersebut.

CNet, melansir laporan The Information, Facebook juga sempat berdiskusi untuk membeli Fitbit, demikian disampaikan narasumber yang dirahasiakan identitasnya.

Meskipun tidak disebutkan berapa nilai yang ditawarkan Facebook kepada Fitbit, tapi diperkirakan hanya separuh dari yang ditawarkan Alphabet. Alphabet membeli Fitbit senilai 2,1 miliar dolar Amerika Serikat.

Baca juga: Google akuisisi Fitbit sasar perangkat kebugaran dan arloji pintar

Facebook tidak memberikan keterangan kepada CNet alasan mereka ingin mengakuisisi Fitbit. Raksasa media sosial tersebut dikabarkan juga ingin mengembangkan perangkat keras mereka.

Transaksi yang berkaitan dengan akuisisi Fitbit akan selesai pada 2020. Dalam keterangan resmi tentang akuisisi, Fitbit berkomitmen agar pengguna tetap memegang kontrol terhadap data mereka dan Fitbit akan tetap transparan soal data.

Fitbit menyatakan tidak pernah menjual informasi pribadi dan data kesehatan serta kesejahteraan penggunanya untuk iklan Google.

Sementara, Google berencana mengembangkan perangkat wearable, termasuk perangkat lunak, keras dan kecerdasan buatan dengan mengakuisisi Fitbit.

Baca juga: Google dan Fitbit kolaborasi kembangkan pelacak kebugaran generasi terbaru

Penerjemah: Natisha Andarningtyas
Editor: Imam Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Uang virtual Libra Facebook tidak berlaku di Indonesia

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar