Festival Mahakam 2019 lombakan Perahu Naga dan modifikasi motor

Festival Mahakam 2019 lombakan Perahu Naga dan modifikasi motor

Ilustrasi - Penampilan salah seorang pengiring Tari Hudoq saat berlangsungnya Festival Hudoq Cross Border di Kabupaten Mahulu pada 23-26 Oktober 2019 (ANTARA/M Ghofar)

Samarinda (ANTARA) - Pelaksanaan kegiatan tahunan Kota Samarinda, Kalimantan Timur, yakni Festival Mahakam (Fesma) XIX tahun 2019 yang berlangsung 1-3 November 2019 turut melombakan modifikasi motor selain puluhan lomba lainnya.

Sekretaris Panitia I Gusti Ayu Sulistiani, di Samarinda, Sabtu, mengatakan pada Festival Mahakam tahun ini masih menyajikan berbagai perlombaan berenang, balap perahu naga, tambangan, power boating, jet ski yang akan diselenggarakan di atas Sungai Mahakam.

Selain itu, masih ada puluhan agenda lainnya yang juga tak kalah menarik. Kalau tahun sebelumnya ada tim kebudayaan dari Spanyol, Prancis, dan Italia. Tahun ini Festival Mahakam akan diisi oleh tim dari negara Latvia.

“Tahun ini untuk pertama kali kita gelar lomba modifikasi motor. Semoga semakin memeriahkan kegiatan tahunan yang sudah berlangsung hingga ke 19,” kata Ayu.

Baca juga: Mahakam Ulu Pecahan Rekor Menari 25 Jam

Baca juga: Festival Mahakam XIX kembali digelar di tepian Sungai Mahakam


Lomba modifikasi motor ini dilaksanakan Minggu (3/11) dari pukul 07.00 di depan Islamic Centre.

"Panitia Fesma tahun ini juga memberikan kesempatan bagi yang hobi modifikasi motor untuk menyalurkan hobinya di gelaran tahun ini. Awalnya hanya 3, ternyata membludak hingga 30 motor yang akan dipamerkan,” kata Ayu yang juga Kepala Dinas Pariwisata Samarinda.

Selain modifikasi motor, juga diadakan Mahakam Batik Fashion dan Mahakam Fashion Recycle 2019 di atrium Bigmall Samarinda, Sabtu (2/11).

"Luar biasa antusias peserta. Makanya jangan lewatkan kesempatan ini di Bigmall. Juga bisa sambil ke Expo TTI juga di Bigmall,” kata Ayu.

Adapun kategori lomba, terdiri dari busana kasual Batik Kaltim dan busana gaun pesta Batik Kaltim. Sedang kategori usia, pertama usia 3-6 tahun, 9-13 tahun dan 14-23 tahun.

Panitia juga menyiapkan hadiah berupa tropi tetap, sertifikat, dana pembinaan, dan hadiah hiburan lainnya. Untuk nomer kontak 0812 5805 4111/0821 5681 7971.

Sedangkan Mahakam Fashion Recycle 2019 akan dilaksanakan Minggu (3/11) di atrium Bigmall pukul 13.00 dengan total hadiah Rp 5 juta.

“Kita ingin di gelaran Festival Mahakam ini bisa menyentuh semua kalangan umur. Pada Mahakam Fashion Recycle dibagi 3 kategori, usia 3-7 tahun, 8-13 tahun dan 14-27 tahun,” kata Ayu.

Sementara Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Samarinda yang juga Koordinator Publikasi dan Dokumentasi Panitia Festival Mahakam XIX tahun 2019 Aji Syairif Hidayatullah memberikan apresiasi kepada para fotografer mengikuti Lomba Fotografi Festival Mahakam XIX.

“Tujuan kita agar ada dokumen terbaik pada festival Mahakam, yang selama ini bisa saja ada sisi-sisi lainnya tidak tersentuh. Dengan dilombakan dan banyak peserta, maka harapan kita bisa menambah koleksi terbaik kegiatan Fesma yang diabadikan melalui kamera foto. Ayo ikuti lomba berhadiah jutaan rupiah ini,” kata Dayat.

Menurutnya lomba ini terbuka untuk umum dan tidak dikenakan biaya dengan kategori budaya dan umum.

"Peserta boleh mengikuti dua kategori dan diwajibkan mengumpul 2 foto dari masing-masing kategori paling lambat 8 November 2019 ke email lombaphotographyfesma2019@gmail.com,” kata Dayat.*

Baca juga: Pemkab Mahakam Ulu matangkan persiapan Festival Hudoq Cross Border

Baca juga: Kemenpar dukung festival hudoq cross border


Pewarta: Arumanto
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar