Liga Belanda

AZ Alkmaar tumbangkan 10 pemain Twente kala PSV hanya bermain imbang

AZ Alkmaar tumbangkan 10 pemain Twente kala PSV hanya bermain imbang

Penyerang sayap FC Twente Aitor Cantalapiedra membungkuk usai timnya dikalahkan AZ Alkmaar di Stadion Cars Jeans dala laga pekan ke-12 Liga Belanda, Minggu (3/11/2019) WIB. (HO/FCTwente)

Jakarta (ANTARA) - AZ Alkmaar menumbangkan FC Twente 3-0 yang bermain dengan 10 orang sejak menit 18 untuk terus menempel Ajax di puncak klasemen, di saat bersamaan PSV Eindhoven bermain imbang di kandang Sparta Rotterdam.

Dominasi AZ Alkmaar terlihat sejak FC Twente harus bermain dengan 10 orang ketika kiper Joel Drommel harus meninggalkan lapangan lebih awal akibat melanggar Myron Boadu di menit 18.

Menang jumlah pemain dimanfaatkan betul oleh AZ dengan terus mengurung pertahanan Twente. Namun gol bagi AZ baru tercipta di menit 45+1 lewat sepakan kaki kanan Pantelis Hatzidiakos.

Sembilan menit usai babak kedua dimulai, AZ kembali menggandakan keunggulan lewat sontekan Dani de Wit. Gol Myron Boadu pada menit ke-77 menutup laga 3-0 untuk kemenangan AZ Alkmaar atas Twente.

Kemenangan ini membuat AZ terus membuntuti Ajax yang dalam pertandingan lebih awal menang 4-2 atas PEC Zwolle. Ajax dan AZ terpaut enam poin yang kini berada di posisi pertama dan kedua.

Baca juga: tumbangkan PEC Zwolle 4-2, Ajax kokoh di puncak klasemen

Di laga lain, PSV Eindhoven hampir menelan kekalahan saat bertandang ke markas Sparta Rotterdam. Bermain di Stadion Het Kasteel, Sparta harus berbagi satu angka usai laga berakhir 2-2.

Sparta sempat unggul 1-0 pada babak pertama lewat gol yang dicetak Ragnar Ache. PSV kemudian membalas pada menit ke-56 lewat sepakan Michal Sadilek, sebelum akhirnya kembali tertinggal 2-1 lewat Mohamed Rayhi dua menit usai gol Sadilek.

Saat dirasa pertandingan akan berakhir 2-1 untuk kemenangan Sparta Rotterdam, Cody Gakpo memaksa tuan rumah harus berbagi satu angka. Berawal dari kemelut di dalam kotak penalti, bola liar yang diamankan Denzel Dumfries mampu disontek Gakpo.

Dengan hasil ini membuat PSV tidak bisa memangkas ketertinggalan poin dengan Ajax. Kini PSV berada di posisi tiga dengan 24 poin, sementara Sparta Rotterdam hasil ini memperpanjang rentetan hasil negatif di lima pertandingan terakhir.

Pertandingan lain Waalwijk akhirnya memecahkan tak pernah menang di Liga Belanda musim 2019/2020. Bermain di kandang sendiri di Stadion Mandemakers, Waalwijk menumbangkan Heracles 2-0. Hasil ini tidak mengubah posisi kedua klub di klasemen.

Baca juga: Dick Advocaat siap tangani Feyenoord

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Bayu Kuncahyo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar