peserta mengirimkan makalah akademik dan empirik dari 10 topik yang ditentukan
Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 15 negara akan menghadiri konferensi internasional Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) di Jakarta, 4 hingga 7 November.

"Kegiatan ini dilakukan dalam rangka meningkatkan mutu layanan PAUD dan pendidikan keluarga untuk para pelaku pendidikan," ujar Dijen PAUD dan Pendidikan Masyarakat Kemendikbud, Harris Iskandar, dalam keterangan pers di Jakarta, Minggu.

Harrus menambahkan Pemerintah Indonesia menyadari bahwa PAUD dan pendidikan keluarga merupakan dua elemen yang tidak dapat dipisahkan, namun masing-masing memiliki fokus kajian.

Baca juga: Kemdikbud alokasikan Rp 4,47 Triliun untuk BOP PAUD 2019

Oleh karena itu, dalam waktu yang bersamaan keduanya dibahas dalam sebuah seminar berskala internasional dengan menghadirkan narasumber, para pakar dari berbagai akademis, praktisi dan penggiat nasional dan internasional di bidang PAUD dan pendidikan keluarga.

"Kami berharap seminar ini dapat memberi dampak positif bagi pengembangan dan peningkatan layanan PAUD dan pendidikan keluarga," kata Dirjen PAUD.

Secara keseluruhan seminar akan dihadiri sebanyak 500 orang. Seminar itu diikuti oleh 15 negara dan dihadiri oleh perwakilan dari Kementerian Pendidikan, akademisi, praktisi dan penggiat PAUD dari Afganistan, Australia, Banglades, Filipina, Kamboja, Korea Selatan, Madagaskar, Maroko, Perancis, Tajikistan, Thailand, Timor Leste, dan Yaman.

Peserta dari dalam negeri berasal dari para penggiat PAUD dan pendidikan keluarga, akademisi, pendidik, tenaga kependidikan, dan organisasi mitra.

"Namun yang menjadi pembeda dari seminar kali ini adalah seluruh peserta mengirimkan makalah akademik dan empirik dari 10 topik yang ditentukan," kata dia lagi.

Sebanyak 10 topik tersebut diantaranya perkembangan digital di Bidang PAUD dan Pendidikan Keluarga, Akses, Partisipasi dan Mutu Pendidikan Anak Usia Dini, Kurikulum dan Pedagogi PAUD, PAUD dan Pendidikan Keluarga dalam Mengembangkan Kesiapan Sekolah, Pendidikan Karakter Bagi Anak Usia Dini, Isu Gender di PAUD dan Pendidikan Keluarga, Landasan Filosofis PAUD, Kepemimpinan, Guru dan Tenaga Kependidikan, Kelas Pendidikan Keluarga di Satuan PAUD, dan 1.000 Hari Kehidupan Pertama.

Seluruh makalah yang lolos seleksi akan diakomodir pada prosiding internasional yang dipublikasikan oleh Atlantis Press untuk jangkauan diseminasi lebih luas. Atlantis Press merupakan penerbit profesional berbagai prosiding, jurnal dan buku internasional dalam platform akses terbuka.

"Melalui hal itu, kami berharap bukan hanya diseminasi keluaran yang luas yang dapat dicapai, melainkan mutu keilmiahan seminar yang dapat diraih dan dipertahankan," terang Harris.

Jumlah abstrak yang masuk ke panitia seminar secara online yang diterima panitia mencapai 227 naskah, sedangkan yang akan diterbitkan dan dipublikasi melalui jurnal internasional Atlantis Press tercatat hanya 50 naskah.

Baca juga: Mendikbud dorong PAUD juga buka kelas parenting

Pewarta: Indriani
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2019