Jakarta (ANTARA) - Pengurus Besar Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia (PB Forki) dengan pengurus Forki DKI Jakarta akan menggelar kejuaraan nasional Karate sebagai kualifikasi PON 2020, yang akan berlangsung pada 4-6 November di Hall Basket Gelora Bung Karno, Jakarta.

"Sebanyak 410 atlet tercatat mengikuti kejuaraan ini untuk memperebutkan tiket ke PON Papua, mereka terdiri dari 231 karateka putra dan 179 karateka putri," ujar Sekretaris panitia Pra-PON Yoyok Satrio Purnomo dalam konferensi pers di Jakarta, Minggu.

Dalam kejurnas ini, sebanyak 15 kelas akan ditandingkan, yaitu kata putra dan putri, baik perorangan dan beregu, serta enam kelas kumite putra -55kg, -60kg, -67kg, -75kg, -84kg, dan +84kg, dan lima kelas kumite putri yaitu -50kg, -55kg, -61kg, -68kg, dan +68kg.

Hingga hari Minggu, dipastikan sebanyak 32 provinsi akan mengikuti Kejurnas Pra-PON, sementara dua provinsi lainnya yaitu Papua dan Sulawesi Barat absen.

Papua memiliki hak khusus untuk absen kualifikasi karena berstatus tuan rumah, sementara Sulawesi Barat tidak mengikuti event ini karena masih terkendala organisasi yang belum aktif karena baru diadakan pergantian susunan pengurus Forki daerah.

"Sulawesi Barat sejak pergantian pengurus baru memang belum aktif. Padahal saat pengurus sebelumnya, mereka yang paling instensif menghubungi panitia soal acara ini, tapi pas mendekati event mereka tidak ikut. Ini jadi catatan kami ketika ada satu provinsi tidak hadir, padahal (sbeelumnya) dimana pun ada pertandingan mereka selalu turun," kata Yoyok.

Lebih lanjut ia memaparkan, agar terpilih karateka terbaik untuk berlaga di PON 2020, PB Forki akan memakai peraturan pertandingan yang telah ditetapkan PB Forki dan Federasi Karate Dunia (WKF).

Untuk kumite misalnya, akan menggunakan pranata "double knock down", sementara nomor kata akan memakai pranata pertandingan Kata WKF2019.

Sekjen PB Forki Raja Sapto Ervian menambahkan, nantinya para peserta yang lolos dengan peringkat 1-8 di setiap nomor Pra-PON maka berhak untuk tampil mewakili daerahnya di PON 2020 di Papua.

Baca juga: Karate upayakan bisa gelar pemusatan latihan terakhir di Jepang

Baca juga: Persiapan cabor karate capai 90 persen

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Aris Budiman
Copyright © ANTARA 2019