Warga Koja bersihkan gorong-gorong antisipasi banjir

Warga Koja bersihkan gorong-gorong antisipasi banjir

Warga Kelurahan Lagoa bersama petugas gabungan Suku Dinas SDA serta PPSU Jakarta Utara membersihkan gorong-gorong untuk mengantisipasi banjir saat musim hujan, Minggu (3/11/2019) (ANTARA/Humas Pemkot Jakarta Utara)

Jakarta (ANTARA) - Warga Kelurahan Lagoa, Kecamatan Koja bersama petugas gabungan Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) serta Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) Jakarta Utara membersihkan gorong-gorong untuk mengantisipasi banjir saat musim hujan.

"Kami bergotong royong mengangkut lumpur di saluran air penghubung (PHB) RW 03-04," Kata Lurah Lagoa, Muhamad Mujakir di Jakarta, Minggu.

Baca juga: Walkot Jaktim minta kontraktor kereta cepat tanggung jawab atas banjir

Baca juga: Warga Cipinang Melayu dan kontraktor sepakat tanggulangi banjir

Baca juga: Hujan lebat rendam rumah warga Cipinang Melayu


Kegiatan pengangkutan lumpur itu dilaksanakan hingga sepekan. Warga dan petugas akan mengangkut lumpur di saluran air PHB Lagoa sepanjang 1,2 kilometer.

"Pengangkutan dilakukan secara manual tanpa menggunakan alat berat," ujarnya.

Pihaknya juga berencana akan melakukan pengangkutan lumpur di sepanjang Kali Gendong. Dikarenakan lebar kali mencapai tiga meter, maka pengangkutan lumpur akan menggunakan alat berat amphibi milik SDA Jakarta Utara.

"Untuk yang di Kali Gendong masih tahap sosialisasi. Dihimbau kepada warga agar turut menjaga kebersihan untuk tidak membuang sampah ke saluran air dan secara berkala membersihkan saluran agar aliran air lancar saat hujan turun," harap Mujakir.

Pewarta: Fauzi
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2019

169 pedagang Pasar Bambu Kuning jalani tes COVID-19

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar