Solo (ANTARA) - Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi memastikan interkoneksi Bandara Solo-Yogyakarta segera tersambung menyusul beroperasinya kereta api (KA) bandara.

"Untuk interkoneksi Solo-Yogyakarta kan sekarang ada KA Prameks (Prambanan Ekspres), setiap setengah jam," katanya saat mengunjungi stasiun KA bandara di Bandara Adi Soemarmo Boyolali, Minggu.

Ia mengatakan dengan KA tersebut masyarakat yang tinggal di Klaten dan ingin ke Bandara Adi Sucipto atau ke bandara baru di Kulonprogo bisa menggunakan KA Prameks.

Baca juga: Menhub sebut tiket KA Bandara Solo Rp10.000-Rp15.000

"Mereka ke Stasiun Solo Balapan dulu terus pakai KA bandara ini. Atau sebaliknya, mereka yang dari Solo pun bisa ke Stasiun Bandara Adi Sucipto atau ke Kulonprogo," katanya.

Ia mengatakan nantinya KA ini juga akan diproyeksikan sebagai transportasi wisata untuk mendukung sektor pariwisata di Solo maupun Yogyakarta.

Sementara itu, dikatakannya, KA bandara yang diperkirakan segera selesai dan akan beroperasi antara bulan Desember 2019 atau Januari 2020 ini masih dalam tahap penyelesaian.

Baca juga: Menhub anggarkan Rp50 miliar untuk Terminal Tirtonadi

Ia mengatakan untuk progres pembangunan jalur KA bandara dari Stasiun Solo Balapan ke Stasiun Bandara Adi Soemarmo telah mencapai 94 persen.

Pihaknya berharap setelah KA bandara resmi beroperasi masyarakat yang dari Klaten, Madiun, Sragen maupun dari arah utara yang ingin ke Bandara Adi Soemarmo dapat menggunakan antarmoda terintegrasi tersebut.

"Bagi yang menggunakan bus dari Wonogiri dan sebagainya bisa berhenti di Terminal Tirtonadi dan bisa langsung naik kereta api bandara," katanya.

Pewarta: Aris Wasita
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2019