Dermaga Kerinci jadi pusat kegiatan Festival Kerinci 2019

Dermaga Kerinci jadi pusat kegiatan Festival Kerinci 2019

Sekda Provinsi Jambi M Dianto menabuh beduk sebagai tanda pembukaan Festival Kerinci 2019 yang dipusatkan di Dermaga Kerinci Kabupaten Kerinci, 3-7 November 2019. (FOTO ANTARA/HO-Humas Prov Jambi)

Kegiatan itu juga dirangkai dengan kegiatan lomba balap sepeda bertaraf internasional "Tour de Singkarak" 2019. Kerinci dan Kota Sungaipenuh dilintasi pada etape 7 dan 8 dari lomba balapan itu
Jambi (ANTARA) - Festival Kerinci yang merupakan salah satu kalender tetap pariwisata di Provinsi Jambi dipusatkan kegiatannya di Dermaga Kerinci, 3-7 November 2019.

Festival budaya dan kesenian di kawasan gunung api tertinggi di Sumatera, Gunung Kerinci, tersebut dibuka oleh Sekretaris Daerah Provinsi Jambi M Dianto dan Bupati Kerinci H Adi Rozal di Jambi, Minggu.

Berbagai atraksi kesenian dan kebudayaan khas Kabupaten Kerinci dan dari kabupaten/kota sekitarnya disuguhkan.

Bahkan kegiatan itu juga dirangkai dengan kegiatan lomba balap sepeda bertaraf internasional Tour de Singkarak 2019. Kerinci dan Kota Sungaipenuh dilintasi pada etape 7 dan 8 dari lomba balapan itu.

Dalam memeriahkan ajang nasional itu, panitia Festival Kerinci menampilkan pawai budaya, tarian massal, lomba parno adat dari seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Kerinci, gerai kuliner, serta pertunjukan dan lomba seni.

Selain pesta seni dan budaya, juga digelar lomba balap sepeda gunung di sirkuit MTB di Kerinci. Selain itu juga kegiatan nikah massal bagi warga setempat.

Bupati Kerinci H Adi Rozal menyatakan Festival Kerinci didorong untuk membantu ekonomi masyarakat. Festival Kerinci juga bisa mendatangkan investor untuk menanamkan investasi di Kabupaten Kerinci, seperti membangun hotel atau penginapan di Kerinci.

"Selama penyelenggaraan Festival Kerinci ini, jumlah kunjungan wisatawan di Kerinci diyakini meningkat," katanya.

Salah satunya adalah kehadiran para peserta lomba balap sepeda Tour de Singkarak 2019.

Sementara itu Sekretaris Daerah Provinsi Jambi, M Dianto mengajak masyarakat untuk mengembangkan ekonomi kreatif dengan memadukan ide dan teknologi dalam mendukung pengembangan kawasan itu.

Sekda juga mengajak untuk mengembangkan Festival Kerinci berbasis pada seni budaya, pariwisata dan ekonomi kerakyatan.

"Perlu adanya investasi dari luar untuk memajukan pariwisata yang ada di Kabupaten Kerinci agar lebih maju dan bisa mendukung perekonomian daerah khususnya masyarakat Kerinci," katanya.

Hadir pada Pembukaan Festival Kerinci 2019 tersebut Deputi Area II Kementerian Pariwisata Ehsan, anggota DPR Dapil Jambi H Bakri, Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Irwan, Wadan Kodiklad Mayjen TNI Eka Wiharsa beserta istri, Dirdik Kodiklad Brigjen TNI Hilman Hadi, Danrem 042/Gapu Kol Arh Elphis Rudy beserta istri.

Selain itu hadir pula Aster Kasdam II/Sriwijaya Kolonel Inf Rio Nardo, Asops Kasdam II/Sriwijaya Kolonel Inf M.Azmi, Kapendam II/Sriwijaya Kolonel Inf Johan Darmawan dan Kasiter Korem 042/Gapu Mayor Inf Sunardi beserta istri.

Kemudian unsur Forkopimda Provinsi Jambi, bupati/walikota se-Provinsi Jambi, para OPD Pemerintah Provinsi Jambi dan Pemerintah Kabupaten Kerinci, tokoh masyarakat Kabupaten Kerinci serta para undangan lainnya.

Baca juga: Kerinci Ikut Festival Gendang Nusantara di Malaka

Baca juga: Kerinci Ikut Festival Gendang Nusantara di Malaka

Baca juga: Festival Danau Kerinci Dimulai

Pewarta: Syarif Abdullah dan Dodi Saputra
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2019

PGNCOM luncurkan layanan terintegrasi Gasplay

Komentar