Kantong nonplastik dibagikan ke pasar tradisional di Jambi

Kantong nonplastik dibagikan ke pasar tradisional di Jambi

Wali Kota Jambi Syarif Fasha membagikan kantong nonplastik untuk mengurangi limbah kantong plastik. Pemerintah Kota Jambi terus mengampanyekan penggunaan kantong nonplastik. (FOTO ANTARA/Muhamad Hanapi/Yogi)

Ada 10 ribu kantong nonplastik yang kita bagikan ke pasar tradisional
Jambi (ANTARA) - Pemerintah Kota Jambi, Provinsi Jambi mengurangi pemakaian kantong plastik dengan cara memberikan kantong nonplastik ke pasar tradidional dan pusat perbelanjaan.

"Ada 10 ribu kantong nonplastik yang kita bagikan ke pasar tradisional," kata Wali Kota Jambi Syarif Fasha di Jambi, Minggu.

Dengan membagikan kantong nonplastik, katanya, diharapkan dapat berdampak terhadap menurunnya limbah kantong plastik di kota itu. Selain itu, pemberian kantong nonplastik tersebut bertujuan untuk mengampanyekan agar belanja tidak menggunakan kantong plastik.

Ia menjelaskan bahwa Pemkot Jambi telah mengeluarkan peraturan untuk tidak menggunakan kantong plastik karena bahaya dari limbah kantong plastik tersebut.

Pasar tradisional yang disambangi wali kota itu untuk dibagikan kantong nonplastik tersebut yakni Pasar Tradisional Aurduri dan Pasar Tradisional Keluarga. Tidak hanya di dua pasar tradisional itu, pemerintah kota itu juga akan membagikan kantong nonplastik ke pasar-pasar tradisional lainnya.

"Kepada masyarakat kami minta agar selalu membawa kantong nonplastik untuk berbelanja ke pasar karena pemkot telah membatasi penggunaan kantong plastik di pasar-pasar tradisional," kata Syarif Fasha.

Kantong nonplastik yang diberikan kepada masyarakat tersebut menggunakan bahan kain yang multi guna serta ramah lingkungan.

Tidak hanya di pasar tradisional, sebelumnya pemerintah kota itu telah membatasi penggunaan kantong plastik di mini market, swalayan dan mal-mal yang ada di kota itu.

Baca juga: Sampah plastik di hutan bakau dibersihkan warga Nipah Panjang, Jambi

Baca juga: Pemkot Jambi: Jangan gunakan kantong palstik untuk daging kurban

Baca juga: Walhi apresiasi Sispala Kurintji di jalur pendakian Gunung Tujuh

Pewarta: Muhammad Hanapi
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Pemkot Jambi Siapkan 22 Titik Evakuasi Korban Banjir

Komentar