Awas WiFi dan GPS iPhone tak berfungsi, segera perbarui iOS

Awas WiFi dan GPS iPhone tak berfungsi, segera perbarui iOS

iPhone 5C yang diluncurkan Apple Rabu, 10 September 2013. (store.apple.com/cn) (Ant)

Jakarta (ANTARA) - Apple sekali lagi mengingatkan pengguna iPhone, khususnya iPhone 5 dan 4S, untuk segera memperbarui perangkat lunak iOS karena jika tidak, koneksi WiFi serta GPS tidak berfungsi.

Mulai 3 November 2019 waktu UTC, iPhone 5 perlu pembaruan iOS untuk menjaga lokasi GPS yang akurat dan terus bisa menggunakan fungsi-fungsi yang mengandalkan tanggal dan waktu yang benar, termasuk App Store, iCloud, email, dan penelusuran web.

"Hal ini disebabkan oleh masalah perpanjangan waktu GPS yang mulai memengaruhi produk yang mendukung GPS dari produsen lain pada tanggal 6 April 2019," kata Apple dalam laman dukungan iPhone, dikutip Senin.

Jika tidak memperbarui iOS sebelum 3 November 2019, pengguna tidak bisa lagi menggunakan lokasi GPS yang akurat atau menggunakan fungsi-fungsi yang bergantung pada tanggal dan waktu.

Setelah lewat waktu yang diberikan Apple, pengguna perlu mencadangkan dan memulihkan iPhone menggunakan Mac atau PC untuk memperbarui, karena pembaruan perangkat lunak over-the-air dan iCloud Backup tidak lagi berfungsi.

Baca juga: Apple kirim peringatan instal pembaruan untuk pengguna iPhone 5

Perangkat-perangkat yang terpengaruh dengan masalah ini meliputi iPhone 5, iPhone 4S, iPad yang diperkenalkan pada 2012 dan sebelumnya, iPad Mini generasi pertama.

iOS perangkat-perangkat itu harus segera diperbarui ke versi 10.3.4 atau 9.3.6 tergantung pada modelnya.

Untuk memeriksa apakah iOS perangkat Apple Anda sudah menggunakan versi yang disarankan atau belum, silakan mengetuk Pengaturan> Umum> Tentang> Lihat nomor di sebelah Versi Perangkat Lunak.

Jika iOS menunjukkan versi sebelum 10.3.4, segeralah lakukan pembaruan agar beberapa fungsi-fungsi koneksi yang disampaikan Apple dimaksud bisa terus berfungsi dengan baik.

Baca juga: Empat iPhone 5G bakal meluncur tahun depan

Baca juga: Trump kesal iPhone tidak ada tombol "home"

Baca juga: 130.000 iPhone 11 terjual saat peluncuran di Korea Selatan

Pewarta: Suryanto
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar