Jakarta (ANTARA) - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali serta jajaran Komite Eksekutif PSSI termasuk ketua umum Komjen Pol Mochamad ‘Iwan Bule’ Iriawan bertemu pada Senin, membahas Piala Dunia U-20 dan Inpres tentang Percepatan Persepakbolaan Nasional.

“Bapak Iwan dan teman-teman datang untuk melaporkan hasil kongres luar biasa dan menyampaikan hal-hal yang perlu dilakukan ke depan, termasuk persiapan menuju Piala Dunia U-20 tahun 2021. Pemerintah menaruh harapan sangat besar kepada kepengurusan baru PSSI dan harus segera bergerak cepat menjalankan tugas-tugas organisasi,” ujar Zainudin Amali di Kantor Kemenpora, Jakarta.

Baca juga: Jalankan Inpres Percepatan Persepakbolaan, PSSI bentuk pokja

Baca juga: Menpora: Inpres Persepakbolaan Nasional untuk genjot prestasi


Menurut Menpora, selain Piala Dunia U-20 2021, kedua belah pihak juga membicarakan soal Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 3 Tahun 2019 tentang Percepatan Persepakbolaan Nasional.

“Sesuai perintah Inpres, ‘road map’ sepak bola Indonesia harus segera diselesaikan,” tutur Zainudin.

Pertemuan Menpora dan PSSI yang dimulai pukul 14.00 WIB berlangsung selama kurang lebih satu jam.

Dalam acara itu, rombongan PSSI yang datang adalah jajaran Exco periode 2019-2023, yang baru terpilih dalam kongres luar biasa (KLB) pada Sabtu (2/11), yaitu ketua umum Komjen Pol Mochamad Iriawan, wakil ketua umum Mayjen TNI Cucu Somantri dan anggota Exco Mayjen TNI Sonhadji. Sekretaris Jenderal PSSI Ratu Tisha Destria juga turut dalam delegasi itu.

Ketua Umum PSSI Iwan Bule menyebut bahwa pertemuan dengan pemerintah berjalan baik dan kedua pihak sepakat untuk saling mendukung.

Baca juga: Indonesia resmi jadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021

PSSI sudah melaporkan persiapan awal terkait Piala Dunia U-20 tahun 2021, termasuk soal stadion dan lapangan latihan. Kemudian, PSSI juga setuju ‘road map’ percepatan sepak bola sesuai Inpres Nomor 3 segera ditindaklanjuti.

“Kami sudah berkoordinasi dengan pemerintah. Pak Menpora juga meminta untuk selalu menjalin komunikasi, tidak selalu dalam suasana formal. PSSI dan pemerintah harus sama-sama bekerja sehingga semua kegiatan berjalan sukses dan lancar. Tentang Piala Dunia U-20, Presiden Joko Widodo juga berpesan bahwa Indonesia jangan hanya sukses penyelenggaraan, jangan hanya di penyisihan saja,” kata Iwan.

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2019