Formula 1

Giovinazzi bertahan di Alfa Romeo, empat bangku di F1 masih kosong

Giovinazzi bertahan di Alfa Romeo, empat bangku di F1 masih kosong

Pebalap Alfa Romeo Antonio Giovinazzi menyapa penggemar ketika parade pebalap di Grand Prix Amerika Serikat, Sirkuit Americas (3/11/2019) USA TODAY Sports/Jerome Miron

Jakarta (ANTARA) - Tim Alfa Romeo Racing akan tetap mempertahankan pebalap Italia Antonio Giovinazzi sebagai rekan satu tim Kimi Raikkonen untuk musim balapan 2020.

Giovinazzi yang kini berusia 25 tahun saat ini menjadi satu-satunya pebalap asal Italia yang ada di grid dan bersiap untuk menjalani musim keduanya di Formula 1.

Dengan kabar tersebut, maka tinggal empat bangku pebalap F1 yang belum dikonfirmasi untuk musim depan.

Baca juga: Hamilton raih gelar juara dunia keenam meski Bottas juara di Austin

"Saya sangat senang bisa tinggal dengan tim ini untuk 2020," kata Giovinazzi di laman resmi tim.

"Saya bersyukur atas dukungan luar biasa yang saya terima sejak musim pertama saya di Formula 1: semua orang di tim mendampingi saya sejak saya bergabung dan saya sangat menantikan untuk melanjutkan perjalanan kami bersama.

"Kami belajar banyak tahun ini dan saya yakin kami bisa membuat langkah besar ke depan musim berikutnya.

"Saya tak akan lagi menjadi rookie, jadi tak ada lagi alasan. Saya ingin kompetitif sejak awal kejuaraan dan membayar kepercayaan yang telah ditunjukkan tim kepada saya.

Giovinazzi pernah menjadi pebalap uji Haas dan Sauber pada 2017 dan di tahun berikutnya kembali bekerja dengan tim yang kini berubah menjadi Alfa Romeo itu sebelum menjalani musim penuh sebagai pebalap F1 pada 2019.

Dia saat ini berada di peringkat ke-18 klasemen pebalap dengan mengemas empat poin, terpaut 27 poin dari Raikkonen untuk membawa Alfa Romeo ke peringkat sembilan konstruktor.

Baca juga: Formula 1 perkenalkan peraturan dan desain mobil musim 2021

Giovinazzi mencetak poin terakhirnya di Singapura sementara Raikkonen belum mengemas poin lagi sejak Grand Prix Hungaria.

"Antonio telah belajar menjadi pebalap yang cepat, bahkan di samping seorang Kimi, dan kami berharap dia bisa berkembang lebih jauh ketika pengalamannya bertambah. Umpan balik teknis, etika kerja dan pendekatan positifnya akan membantu kami untuk mendorong tim lebih baik dan juga konsistensi dari formasi pebalap yang tak berubah untuk tahun depan," demikian kepala tim Frederic Vasseur.

Sementara itu, empat bangku pebalap F1 masih belum terisi untuk musim depan saat Williams belum mengumumkan siap yang akan menjadi rekan George Russell, demikian juga Red Bull belum menemukan calon rekan satu tim Max Verstappen.

Sementara Toro Rosso menjadi satu-satunya tim yang belum mengonfirmasi nama kedua pebalap yang akan turun musim depan.

Baca juga: Bos Toro Rosso inginkan Albon tetap di Red Bull musim depan

Baca juga: Para pebalap komentari desain mobil F1 2021

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Teguh Handoko
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar