600 pelajar ziarah wisata ke TMP Kalibata

600 pelajar ziarah wisata ke TMP Kalibata

Para pelajar menabur bunga di makam Presiden ke-3 RI BJ Habibie di TMP Kalibata, Jakarta, Selasa (5/11/2019) pada acara ziarah wisata dalam rangka peringatan Hari Pahlawan 2019. (ANTARA/Desi Purnamawati)

Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 600 pelajar dari sejumlah sekolah di Jakarta sekitarnya berziarah wisata ke Taman Makam Pahlawan Utama (TMPU) Kalibata dalam rangka peringatan Hari Pahlawan 2019.

"Kegiatan ini dalam rangka menanamkan nilai-nilai kepahlawanan dan keperintisan kepada generasi muda," kata Direktur Kepahlawanan, Keperintisan, Kesetiakawanan dan Restorasi Sosial, Kementerian Sosial Bambang Sugeng di TMP Kalibata, Selasa.

Baca juga: Pelajar Surabaya merahputihkan Tugu Pahlawan, peringati Hari Pahlawan

Peserta ziarah wisata generasi milenial yaitu pelajar SD dan SMP dari 32 sekolah di Jakarta dan sekitarnya.

Kegiatan yang rutin dilakukan dalam rangkaian Hari Pahlawan yang diperingati setiap 10 November itu menurut Bambang sangat penting di tengah kemajuan teknologi yang dikhawatirkan dapat mengurangi nilai-nilai kepahlawanan.

Para pelajar mengenakan kaus berwarna merah putih dilengkapi topi merah memulai kegiatan ziarah wisata dengan upacara penghormatan kepada arwah para pahlawan.

Baca juga: 20 nama diusulkan jadi calon Pahlawan Nasional

Upacara penghormatan dipimpin oleh Ketua Ikatan Keluarga Pahlawan Nasional (IKPN) Saharto Sahardjo yang juga keluarga pahlawan nasional Sahardjo.

Usai upacara penghormatan, dilakukan tabur bunga ke makam para Pahlawan Nasional termasuk makam Presiden ketiga RI BJ Habibie, ibu negara Ainun Habibie dan Ani Yudhoyono.

Hari Pahlawan diperingati setiap 10 November, tahun ini mengambil tema Aku Pahlawan Masa Kini.

 

Pewarta: Desi Purnamawati
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Museum Juang Taruna, saksi perjuangan para pahlawan

Komentar