Kemenko PMK: Distribusi bantuan Nduga jangan di Wamena

Kemenko PMK: Distribusi bantuan Nduga jangan di Wamena

Pertemuan pejabat Kemenko PMK dengan pemerintah Jayawijaya dan Nduga di Jayawijaya, Selasa. (5/11). (ANTARA/Marius Frisson Yewun)

jangan kita hanya kirim tetapi tidak cek sampai atau tidak kiriman itu
Wamena (ANTARA) - Pejabat Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko MPK) minta distribusi bantuan kepada masyarakat Kabupaten Nduga, Papua jangan lagi diserahkan di Kabupaten Jayawijaya sebab bantuan itu tidak akan sampai kepada mereka yang berhak menerima.

Deputi 1 Bidang Koordinasi Kerawanan Sosial dan Dampak Bencana pada Kemenko (PMK) Dody Usodo Hargo di Wamena, ibu kota Kabupaten Jayawijaya, Selasa, mengatakan tidak ada lagi pengungsi Nduga yang berada di Jayawijaya.

"Saya bilang jangan terima informasi dari mana pun juga. Jadi selesai. Tutup, tidak ada lagi pengungsi. Kalau mau bantu pengungsi di empat distrik yang terkena dampak, harus sampai di Nduga, jangan kita hanya kirim tetapi tidak cek sampai atau tidak kiriman itu," katanya.

Baca juga: Bantuan Kemensos untuk Nduga capai Rp4,9 miliar

Baca juga: Korban konflik Nduga terima bantuan pemerintah


Pengungsi yang sebelumnya mengungsi ke Jayawijaya pasca-baku tembak TNI/Polri melawan KKB di Nduga pada Desember 2018 sudah kembali ke distrik mereka di Kabupaten Nduga.

Kesimpangsiuran informasi yang diterima menurut dia, menyebabkan bantuan pemerintah kepada masyarakat Nduga tidak benar-benar menyentuh mereka yang terkena dampak penembakan-penembakan pada Desember lalu.

"Saya punya dokumen yang terima bukan masyarakat di sana. Masyarakat di sini (Jayawijaya) yang terima. Sedangkan pemerintah Nduga mengatakan sudah tidak ada warga dari distrik sana yang mengungsi di Jayawijaya," katanya.

Ia mengatakan hingga minggu kemarin bantuan pemerintah masih terus disalurkan dan belum tentu bantuan itu sampai di Nduga.

"Kalau penduduk Distrik Mbua (kabupaten Nduga) yang sudah lahir besar di Kabupaten Jayawijaya, dia bukan pengungsi, dia memang sudah tinggal di sini," katanya.

Baca juga: Kemensos harapkan bantuan Nduga tidak ditolak lagi

Pewarta: Marius Frisson Yewun
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Kemensos kirim lagi bantuan untuk pengungsi Nduga

Komentar