Kedatangan Menteri Ross ke Jakarta menunjukkan Indonesia merupakan salah satu negara yang penting buat AS, khususnya di bidang investasi
Jakarta (ANTARA) - Menteri Perdagangan Amerika Serikat Wilbur Ross akan tiba di Jakarta pada Selasa malam bersama sejumlah delegasi bisnis untuk menemui pelaku usaha di Indonesia serta pejabat pemerintah terkait guna mempererat hubungan dagang, bisnis dan investasi antar dua negara. ​

Ross memilih langsung terbang ke Jakarta usai menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) ke-35 di Bangkok, Thailand pada 2-4 November.

Menurut dubes AS, kedatangan Ross ke Jakarta menunjukkan pentingnya Indonesia bagi Amerika Serikat.

"Kedatangan Menteri Ross ke Jakarta menunjukkan Indonesia merupakan salah satu negara yang penting buat AS, khususnya di bidang investasi. Langkah itu merupakan wujud komitmen kuat kami untuk (meningkatkan hubungan dagang, red) dengan Indonesia," kata Duta Besar AS untuk Indonesia Joseph R Donovan Jr saat ditemui di Jakarta, Selasa.

​​​Dubes Donovan menjelaskan tujuan kedatangan mendag AS bersama 15-20 delegasi bisnis ke Jakarta, di antaranya membangun kerja sama konkrit di bidang dagang dan investasi.

"Kami tidak mencari kesepakatan dagang instan yang tidak bermanfaat bagi dua negara, sebaliknya, kami ingin membuat perjanjian dagang konkrit yang dapat mewadahi pelaku usaha di AS untuk membangun kerja sama ke depannya nanti," tambah dia.

Dalam keterangan tertulis dari Kedutaan Besar AS untuk Indonesia pada 29 Oktober, kunjungan Ross ke Jakarta merupakan salah satu upaya mendukung misi Presiden AS Donald Trump mempercepat misi perdagangan dalam kerja sama Indo-Pasifik.

"Misi ini menunjukkan komitmen Amerika Serikat untuk kemitraan ekonomi berkelanjutan di Thailand, Indonesia, dan Vietnam," terang Kedubes AS dalam siaran tertulisnya.

Misi perdagangan yang diemban Ross akan dilakukan melalui sejumlah langkah, di antaranya pengenalan mitra usaha Indonesia yang potensial bagi pelaku industri AS, berikut lobi dan negosiasi guna mendapatkan kemudahan mengakses pasar dua negara.

Baca juga: Mendag Amerika Serikat Wilbur Ross akan kunjungi Indonesia
Baca juga: Mendag Ross akan pimpin delegasi AS di Forum Bisnis Indo-Pasifik

​​​​​​

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Azis Kurmala
Copyright © ANTARA 2019