Tour de Singkarak

Tour de Singkarak, jalan Solok Selatan tutup lima jam

Tour de Singkarak, jalan Solok Selatan tutup lima jam

Sejumlah pebalap beradu cepat pada etape keempat Tour de Singkarak (TdS) 2019 di Dharmasraya, Sumatera Barat, Selasa (5/11/2019). ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan/ama.

Padang Aro (ANTARA) - Jalan di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat, mulai dari perbatasan dengan Kabupaten Solok, yaitu Ulu Suliti hingga Padang Aro akan ditutup selama lima jam mulai pukul 10.00 WIB hingga 15.00 Wib untuk penyelenggaraan etape enam Tour de Singkarak (TdS), Kamis (7/11).

Kepala Bidang Lalu Lintas Angkutan Jalan dan Sungai Dinas Perhubungan Solok Selatan Aksya Ivani, di Padang Aro, Rabu mengatakan pengendara yang ingin berangkat ke Padang atau sebaliknya sebaiknya berangkat subuh dan saat melewati rute TdS sebelum start di Singkarak.

"Sepanjang jalur TdS di Solok Selatan kami sudah menyediakan kantong parkir dan pengemudi yang terjebak penutupan jalan disarankan parkir di tempat yang sudah disediakan supaya tidak mengganggu pebalap yang melintas," katanya.

Kapolres Solok Selatan AKBP Imam Yulisdianto mengatakan untuk pengamanan jalur sampai lokasi finish TdS diturunkan 458 personel yang terdiri dari 270 orang dari kepolisian, TNI 28 orang, Dishub 122 orang, serta Satpol PP sebanyak 38 orang

Ia berpesan supaya pasukan pengamanan dapat terus melakukan koordinasi dan bersinergi dengan semua elemen, agar pelaksanaan TdS dapat berjalan lancar dan kenyamanan bagi tamu-tamu sehingga membawa dampak positif terhadap promosi daerah.

Petugas pengamanan, katanya, akan ditempatkan pada penggal yang sudah ditentukan mulai dari batas Ulu Suliti hingga Ruang Terbuka Hijau Padang Aro.

Baca juga: Kemeriahan Tour de Singkarak di bumi Serambi Mekkah

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Solok Selatan Novirman mengatakan, pihaknya menugaskan 64 tenaga kesehatan serta penyediaan 16 unit ambulance untuk menyukseskan TdS.

"Kami telah siapkan personil dan Ambulance dan siap memberikan pelayanan kesehatan bagi pebalap maupun ofisial disepanjang jalur TdS," ujarnya.

Baca juga: Jalan Bukittinggi-Padang Panjang ditutup mulai pukul 10.00 WIB

Etape VI TdS mulai start di dermaga danau Singkarak dengan terlebih dahulu mengitari danau lalu menuju kota Solok.

Setelah itu pebalap melaju menuju Lubuk Selasih menuju Surian dan terus ke Solok Selatan.

Untuk wilayah Solok Selatan pebalap melintasi empat Kecamatan yaitu Koto Parik Gadang Diateh, Sungai Pagu, Pauah Duo dan finish di Sangir.

Sepanjang jalur di Solok Selatan pebalap akan melintasi destinasi wisata seperti bendungan Balun, Istano Rajo Balun, kawasan Saribu Rumah Gadang, Tubing Ducati dan perkebunan teh Liki.
Baca juga: 44 tikungan legendaris Ranah Minang hadang pebalap di etape V TdS 2019

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Masuki M. Astro
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Tour de Singakarak harus dongkrak perekonomian masyarakat

Komentar