4 kabupaten di Jawa Tengah jadi percontohan inovasi desa nasional

4 kabupaten di Jawa Tengah jadi percontohan inovasi desa nasional

Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen di halaman kantor Gubernur Jateng. ANTARA/HO Humas Pemprov Jateng/am.

Keberhasilan Kabupaten Banyumas, Purbalingga, Rembang, dan Magelang diharapkan dapat menjadi percontohan bagi desa di Indonesia
Semarang (ANTARA) - Sebanyak empat kabupaten di Provinsi Jawa Tengah berhasil masuk peringkat sepuluh besar desa inovatif dan menjadi percontohan inovasi desa di tingkat nasional.

"Keberhasilan Kabupaten Banyumas, Purbalingga, Rembang, dan Magelang diharapkan dapat menjadi percontohan bagi desa di Indonesia, khususnya di Jawa Tengah," kata Wakil Gubernur Jateng Taj Yasin Maimoen di Semarang, Jawa Tengah, Rabu.

Menurut Wagub Taj Yasin, saat ini sudah banyak inovasi, tapi komitmen untuk menjaga dan mengembangkan itu yang paling penting.

Wagub Taj Yasin berharap Program Inovasi Desa (PID) benar-benar membuat manfaat bagi desa dan ada inovasi yang bisa membantu pendataan yang selama ini masih dikeluhkan, khususnya pendataan tentang kemiskinan yang masih kurang optimal.

"Saya berharap ini bisa didorong untuk disampaikan ke pendamping desa, fokus terhadap ini sehingga percepatan penurunan kemiskinan di Jawa Tengah bisa dirasakan secepatnya. Tidak lagi di nomor dua tapi masuk zona hijau," ujarnya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Desa, Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Jawa Tengah Sugeng Riyanto menambahkan raihan prestasi tersebut merupakan hasil dari bentuk kegiatan yang sudah dilakukan oleh para tenaga pendamping, terkait kreativitas penggunaan dana desa di daerah masing-masing.

"Inovasi-inovasi ini akan jadi contoh dan diaplikasikan ke desa-desa di Indonesia, khususnya di Jawa Tengah sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat," katanya.

Baca juga: Dirjen: Pembangunan desa butuh pendampingan akademisi

Pewarta: Wisnu Adhi Nugroho
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar