Pemkab Solok Selatan Bersihkan Jalur TdS

Pemkab Solok Selatan Bersihkan Jalur TdS

Petugas dari Pemadam Kebakaran membersihkan material di jalan yang akan dilintasi pebalap TdS demgan cara menyemprot dengan mobil damkar, Rabu. (ANTARA/HO-Dok. Pol PP dan Damkar)

Kami sudah menyediakan kantong parkir di sepanjang jalur TdS di Solok SelatanĀ 
Padang Aro (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat, melakukan pembersihan jalur Tour de Singkarak (TdS) etape VI dengan cara penyemprotan jalan menggunakan mobil pemadam kebakaran.

Kepala Dinas Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran Solok Selatan Epli Rahmat, di Padang Aro, Rabu, mengatakan untuk melakukan penyemprotan jalur TdS di Kabupaten itu mulai dari Ulu Suliti sampai Padang Aro menurunkan dua regu pemadam kebakaran dengan jumlah 25 orang.

"Penyemprotan jalan guna membersihkan material sudah kami lakukan sejak pagi dan siang ini masih berlangsung," katanya.

Baca juga: Tour de Singkarak, jalan Solok Selatan tutup lima jam

Ia mengatakan, pihaknya masih melihat kondisi cuaca untuk melakukan penyemprotan jalan pada Kamis pagi atau hari pebalap melewati Solok Selatan.

"Kalau nanti malam hujan tentu kami akan kerja keras lagi besok untuk membersihkan material di jalan tetapi bila tidak hujan maka akan aman," katanya.

Kalau nanti malam hujan maka material berupa kerikil akan terbawa air ke badan jalan dan akan mengganggu pelaksanaan TdS sehingga perlu disemprot lagi.

Jalan di Kabupaten Solok Selatan, mulai dari perbatasan dengan Kabupaten Solok yaitu Ulu Suliti hingga Padang Aro akan ditutup selama lima jam mulai pukul 10.00 WIB hingga 15.00 Wib untuk penyelenggaraan etape enam Tour de Singkarak(TdS), Kamis (7/11).

Kepala Bidang Lalu Lintas Angkutan Jalan dan Sungai Dinas Perhubungan Solok Selatan Aksya Ivani, mengatakan pengendara yang ingin berangkat ke Padang atau sebaliknya sebaiknya berangkat subuh dan saat melewati rute TdS sebelum start di Singkarak.

"Kami sudah menyediakan kantong parkir di sepanjang jalur TdS di Solok Selatan dan pengemudi yang terjebak penutupan jalan disarankan parkir di tempat yang sudah disediakan supaya tidak mengganggu pebalap yang melintas," katanya.

Etape VI TdS mulai start di dermaga danau Singkarak dengan terlebih dahulu mengitari danau lalu menuju kota Solok.

Setelah itu pebalap melaju menuju Lubuk Selasih menuju Surian dan terus ke Solok Selatan.

Untuk wilayah Solok Selatan pebalap melintasi empat Kecamatan yaitu Koto Parik Gadang Diateh, Sungai Pagu, Pauah Duo dan finish di Sangir.

Sepanjang jalur di Solok Selatan pebalap akan melintasi destinasi wisata seperti bendungan Balun, Istano Rajo Balun, kawasan Saribu Rumah Gadang, Tubing Ducati dan perkebunan teh Liki.

Baca juga: 44 tikungan legendaris Ranah Minang hadang pebalap di etape V TdS 2019

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar