Jakarta (ANTARA) - Akademi Hangtuah Basketball mengirim tim kelompok umur (KU) 11 tahun ambil bagian dalam turnamen Global Hoops Elit Thai Basketball Association yang berlangsung 6-12 November 2019 di Bangkok, Thailand.

Hangtuah KU-11 akan bersaing dengan tujuh tim lain yang berasal dari Thailand, Laos dan Arab Saudi dalam kategori tersebut, demikian keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Rabu.

Keberangkatan Hangtuah KU-11 diapresiasi oleh Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PP Perbasi) Danny Kosasih yang secara simbolis melepas keberangkatan para kontingen bersama Ketua Akademi Hangtuah Basketball Ardi Darmawan Moeljoto.

"Ketika Hangtuah sudah sejak awal membawa anak-anak berkompetisi di luar negeri, ini hal yang luar biasa bagi saya," kata Danny.

"Tetapi ingat, meski bermain basket, sekolah tetal tanggung jawab utama kalian," ujarnya menambahkan.

Baca juga: Hangtuah tundukkan tim universitas Filipina dalam pemanasan pramusim

Manajer Akademi Hangtuah Basketball KU-11 Harris Sutresna menyebut para pemain yang diberangkatkan sudah melewati porsi latihan intensif, baik untuk aspek fisik maupun teknis.

"Sebenarnya ini turnamen masih mini basket ya, jadi yang penting adalah pengalaman, kedua adalah bisa bermain dengan have fun," kata Harris.

Di sisi lain Komisaris Amartha Hangtuah Musab Mochammaf menyebut timnya yang berkiprah di Liga Bola Basket Indonesia (IBL) berusaha terus menjaga sinergi dengan Akademi Hangtuah dan diharapkan turut memberi contoh positif bagi keberlangsungan olahraga bola keranjang di Tanah Air.

"Keuntungan HangTuah yang memiliki akademi hingga klub IBL nanti bisa memudahkan para pemain muda untuk masuk ke jenjang profesional," ucap Musab.

Sebelumnya, Akademi Hangtuah Basketball juga memberangkatkan tim KU-13 ke Singapura mengikuti turnamen tingkat Asia Pasifik didampingi Adhita Wiadi selaku manajer dan menempati peringkat ketiga ajang tersebut usai mengalahkan klub asal Filipina.

Baca juga: Sponsor anyar bikin pemain Hangtuah optimistis songsong musim baruDdd

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2019