Pasar saham Australia berakhir turun tertekan sektor teknologi

Pasar saham Australia berakhir turun tertekan sektor teknologi

Ilustrasi - Seorang investor berdiri di depan papan yang memperlihatkan harga saham di Australian Securities Exchange (ASX) di Sydney, Australia. ANTARA/REUTERS/David Gray/am.

Sydney (ANTARA) - Pasar saham Australia berakhir lebih rendah pada perdagangan Rabu, dengan kerugian meluas yang dipimpin oleh sektor teknologi dan industri.

Pada penutupan pasar, indeks acuan S&P/ASX 200 turun 36,90 poin atau 0,55 persen menjadi 6.660,20 poin, sedangkan indeks All Ordinaries yang lebih luas turun 38,40 poin atau 0,56 persen pada 6.773,20 poin.

Saham sektor teknologi dan industri adalah penekan terbesar, meskipun sebagian besar sektor cenderung turun sekitar satu persen.

Sektor keuangan mengalami kerugian lebih moderat, sementara sektor material melawan tren untuk berakhir lebih tinggi.

"Ada juga sejumlah penggerak individu besar karena pengumuman perusahaan," kata analis pasar Commsec, James Tao.

"Perusahaan asuransi kesehatan, Medibank Private (MPL) jatuh 8,4 persen setelah mengonfirmasikan bahwa klaim asuransi selama tahun lalu adalah 21 juta dolar Australia (14,4 juta AS) lebih tinggi dari yang diumumkan sebelumnya dan bahwa hal itu akan menyebabkan peningkatan klaim pada FY20."

Baca juga: Pasar saham Australia dibuka lebih tinggi, didongkrak saham energi

Di sektor keuangan, bank-bank besar Australia beragam dengan Commonwealth Bank naik 0,39 persen, ANZ turun 0,15 persen, National Australia Bank turun 0,22 persen, dan Westpac Bank naik 0,29 persen.

Saham-saham pertambangan bervariasi dengan BHP naik 1,49 persen, Rio Tinto naik 0,29 persen, Fortescue Metal turun 0,42 persen dan penambang emas Newcrest turun 2,63 persen.

Produsen-produsen minyak dan gas beragam dengan Oil Search naik 1,92 persen, Santos turun 0,49 persen, dan Woodside Petroleum turun 0,15 persen.

Supermarket terbesar Australia merosot dengan Coles turun 0,33 persen, dan Woolworths turun 0,85 persen.

Sementara itu raksasa telekomunikasi Telstra turun 0,86 persen, operator penerbangan nasional Qantas melemah 0,15 persen dan perusahaan biomedis CSL turun 0,86 persen.

Baca juga: Lonjakan harga komoditas dorong pasar saham Australia menguat

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Faisal Yunianto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar