pariwisata tidak lepas dari ekonomi kreatif seperti kuliner, kerajinan tangan sebagai suvenir dan industri fesyen.
London (ANTARA) - Sebanyak 61 industri pariwisata yang terdiri atas hotel /resor, operator tur, agen perjalanan, dan DMC dari 10 provinsi antara lain Jakarta, Yogyakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Nusa Barat Tenggara, Nusa Tenggara Timur, dan Sulawesi Selatan menggencarkan promosi pariwisata di World Travel Market (WTM) London di gedung pameran Excel, London,  4 - 6 November 2019.

Badan Promosi Pariwisata Jawa Barat Djoni Sofyan Iskandar di London, Rabu, mengatakan bahwa Jabar kembali melancarkan penetrasi pasar setelah beberapa tahun sempat vakum.

Menurut dia, Inggris memang bukan pasar utama Jawa Barat dalam menjaring wisatawan mancanegara. “Market kami selama ini adalah wisatawan dari Belanda,” ujar Djoni Sofyan Iskandar.

Ia menambahkan akan terus mempromosikan Jabar di berbagai pameran pariwisata di mancanegara.

Baca juga: Paviliun Indonesia raih penghargaan di WTM London

Dengan kembalinya nama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Djoni mengakui pariwisata tidak lepas dari ekonomi kreatif seperti kuliner, kerajinan tangan sebagai suvenir dan industri fesyen.

Ia berharap dengan ditunjuknya Wishnutama sebagai Menteri Pariwisata dan Industri Kreatif yang baru akan muncul berbagai ide dan gagasan dalam upaya meningkatkan jumlah wisatawan mancanegara.

Hal yang sama juga diakui Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumatera Utara, dr Ria Nofida Telaumbanua yang bersama Ketua Asita Sumut Solahuddin Nasution juga gencar mempromosikan pariwisata di Sumatera Utara yang menjadi salah satu dari lima Destinasi Super Prioritas yang ditetapkan Kemenparekraf.

Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata II Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Nia Niscaya mengatakan Kemenparekraf membentuk lima program Destinasi Super Prioritas.

Kelima tujuan wisata tersebut adalah Danau Toba, Borobudur, Mandalika, Labuan Bajo, dan Likupang di Sulawesi Utara.Paviliun Indonesia juga diikuti perusahaan penerbangan Garuda Indonesia.

Menurut Ria Nofida Telaumbanua, WTM London merupakan event yang sangat penting dalam mempromosikan pariwisata di Sumatera Utara yang potensi besar seperti Danau Toba yang menjadi obyek wisata dunia.

Apalagi ada penerbangan langsung Garuda dari Medan langsung ke Amsterdam. Sumut masuk dalam pariwisata unggulan prioritas serta Danau Toba sudah tersohor menjadi untuk memasarkan lebih mudah dan diharapkan banyak lagi wisatawan yang berwisata ke Sumatera Utara.

Baca juga: Dubes Rizal: Kehadiran Indonesia di WTM London membanggakan

Beberapa kepala Dinas Pariwisata yang hadir di London antara lain Dinas Pariwisata Kota Denpasar, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta, Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta, Dinas Pariwisata Provinsi Sulawesi Utara, Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Selatan, Dinas Pariwisata Kabupaten Bintan, Dinas Pariwisata Kabupaten Badung, Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Utara, BPPD Jawa Barat, Dinas Pariwisata Kota Makassar, dan Dinas Pariwisata Kabupaten Buleleng.

Sementara itu Kepala Biro Kesra Sulut Kartika Devi Tanos kepada Antara mengatakan kehadiran nya di WTM London adalah untuk ikut mempromosikan obyek wisata yang ada di Sulawesi Utara.

“Kami membawa misi untuk mempromosikan pariwisata Sulawesi di Inggris,” ujar istri Wakil Gubernur Sulawesi Utara.

Diakuinya berbagai obyek wisata di Sulawesi sudah cukup dikenal di dunia seperti Bunaken di mana wisatawan melakukan diving dan banyak lagi spot diving yang ditawarkan.

Menurut Kartika Devi Tanos, di Manado juga ada digelar event internasional dan adanya penerbangan langsung dari luar negeri seperti China dan Filipina serta Singapura.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata Kota Makasar Maya Madjid mengatakan selain berpromosi, Makassar juga membawa penari yang tampil mengisi panggung Wondenful Indonesia.

Industri berpartisipasi di WTM London yang melakukan kegiatan utama pertemuan B2B (penjual bertemu pembeli) dan B2C (bertemu pelanggan) antara lain dari PMG Hotels & Resorts, Anema Resort Gili Lombok, Hotel Nikko Bali Benoa Beach,Nusa Dua Beach Hotel & Spa, Ayodya Resort Bali, Kura Kura Beach Resort Gili Meno Lombok,Hyatt Resorts Bali, Santrian Resorts & Villa, Jambuluwuk Hotels and Resorts, JT Holiday.

Selain itu PT Karang Bali Asli Tur, Kayumanis Private Villa & Spa,Arjani Resorts, Plataran Indonesia, Universe Travel, Happy Trails Asia, Segara Village Hotel, Panorama Destination Indonesia, go Indonesia Tours (PT. Indonesia Tur Arabia), lotus asia tours, Travel, Shanti Travel (Shanti Adventure Tour), Domestic Asia Tour, Pacto Ltd. Indonesia.

Tujuan wisata Bali masih tetap menjadi andalan promosi Indonesia di mancanegara dan ditawarkan kepada wisatawan Eropa khususnya wisatawan Inggris yang jumlahnya cukup besar mencapai 400 ribu wisatawan.

Hal itu diungkapkan Sugeng Purnomo, Direktur Sales Marketing Sthala A Tribute Portopolio Hotel, Ubud Bali kepada Antara London, Rabu, bahwa Bali masih menjadi andalan, meskipun pemerintah menetapkan 10 Bali plus dan lima program Destinasi Super Prioritas.

Bali harus tetap hadir dalam berbagai pameran pariwisata meskipun namanya sudah dikenal di dunia, ujar Sugeng yang juga sangat menyukai Pulau Dewata tersebut.

Sementara itu NTT membuka stan di WTM London dalam mempromosikan obyek wisata Pulau Komodo dan Labuan Bajo.

Alexander Koroh dari Pemda NTT mengatakan bahwa untuk pertama kali Pemda NTT membuka stan sendiri di WTM London dalam upaya memaksimalkan promosi berbagai obyek wisata di NTT yang dikenal dengan Pulau Komodo. (ZG)

Pewarta: Zeynita Gibbons
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2019