Jakarta (ANTARA) - Amartha Hangtuah terus mematangkan persiapan menyongsong musim baru Liga Bola Basket Indonesia (IBL) 2020 dengan membekuk Satria Muda Pertamina 74-71 dalam laga eksibisi di GBK Arena, Senayan, Jakarta, Rabu sore.

Kemenangan atas tim peraih sembilan kali gelar juara liga bola basket profesional itu cukup menimbulkan kebanggaan bagi Presiden Amartha Hangtuah Gading Ramadhan Joedo.

Ia mengingatkan para pemain agar tetap menjaga fokus dan tak jemawa atas hasil tersebut.

"Saya bangga dengan perjuangan yang telah diperlihatkan para pemain Amartha Hangtuah sepanjang pertandingan tadi," kata Gading dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Rabu.

"Terlihat para pemain saling percaya satu sama lain dalam pengambilan keputusan," ujarnya menambahkan.

Gading juga berharap para pemainnya terus meningkat kesolidan mereka dan penampilan agar lebih baik menjelang musim baru.

Baca juga: Hangtuah tundukkan tim universitas Filipina dalam pemanasan pramusim

Hal senada juga diutarakan asisten pelatih Hangtuah Harry Prayogo yang senang atas kemenangan timnya, namun berharap bisa segera mengatasi kekurangan terutama di sektor pertahanan.

"Kami sebenarnya masih punya kekurangan, terutama dalam soal defense," kata Harry.

Di sisi lain ia menilai para pemain Hangtuah tampil padu kendati terdapat sosok senior dalam diri Kelly Purwanto di lapangan.

Baca juga: Amartha Hangtuah boyong kembali Kelly Purwanto

Steven Neno dan Abraham Wenas tampil impresif untuk Hangtuah dengan membukukan 19 poin, diikuti 15 poin dari Aditya Reynaldi.

Di kubu Satria Muda, Arki Dikania Wisnu memborong 21 poin, diiringi 14 poin milik Juan Laurent Kokodiputra serta 10 poin yang dicetak Fadlan Minallah.

Setelah tampil ketat dan menutup kuarter pertama dalam keadaan imbang 16-16, Hangtuah sempat berada dalam tekanan Satria Muda dan tim besutan Milos Pejic itu mengakhiri paruh pertama laga dalam keunggulan 35-30.

Hangtuah berusaha bangkit pada kuarter ketiga dan sempat menyamakan kedudukan 43-43, namun Satria Muda tetap membuka kuarter pamungkas dalam keunggulan 48-45.

Kuarter keempat justru jadi momentum kebangkitan Hangtuah ketika mereka berbalik unggul 61-59 dan sejak itu terlibat kejar-mengejar angka meski akhirnya berhasil memastikan kemenangan 74-71.

Hasil itu tentunya menjadi modal positif bagi Hangtuah menyongsong keikutsertaan dalam turnamen Piala Presiden 2019 di GOR Sritex, Solo, 20-24 November.

Baca juga: Sponsor anyar bikin pemain Hangtuah optimistis songsong musim baru

Baca juga: Hangtuah ambil bagian dalam turnamen basket KU-11 di Bangkok

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2019