Reformasi di bidang birokrasi ini harus dilakukan secara hati-hati.
Jakarta (ANTARA) - Dekan Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia Prof Eko Prasojo mengatakan pemangkasan eselon di sejumlah kementerian dan pemerintah daerah harus dilakukan secara kolektif dan bertahap.

"Kata kunci dari proses pemangkasan eselon ini, yakni harus dilakukan secara kolektif dan bertahap," ujar Eko di Jakarta, Kamis.

Hal itu juga berarti secara bersama-sama antara kementerian dan pemerintah daerah melakukan pengecekan jabatan mana yang mau dipangkas. Jabatan stuktural, seperti perencana yang mempunyai tugas merencanakan, auditor yang memiliki tugas mengaudit dan lain sebagainya, harus dikeluarkan dari jabatan struktural.

Kemudian, pemangkasan eselon itu dilakukan secara bertahap karena ada beberapa tahapan yang dilakukan pemerintah. Pemerintah juga harus melihat kemampuan dan kekuatan untuk melakukan pemangkasan eselon tersebut.

"Itu kata kunci pentingnya, agar reformasi tidak dilakukan secara drastis dan radikal," kata dia.

Baca juga: Anggota Ombudsman, saya setuju rencana pemangkasan pejabat eselon

Mantan Wakil Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Wamenpan RB) itu menjelaskan bahwa sejatinya reformasi seperti memperbaiki pesawat yang sedang terbang. Perbaikan harus dilakukan terhadap mesin pesawat tanpa menyebabkan pesawat jatuh atau oleng.

"Reformasi di bidang birokrasi ini harus dilakukan secara hati-hati," ujar dia.

Baca juga: Kemensos tunggu Kementerian PAN-RB terkait pemangkasan eselon

Eko juga melihat bahwa pemangkasan eselon memiliki dampak positif, seperti proses pengambilan keputusan lebih cepat serta profesionalisme aparatur sipil negara (ASN) semakin meningkat.

Sedangkan dampak negatifnya, kata dia, jika eselon dipangkas, maka pemerintah harus menyiapkan pejabat fungsional. Dalam hal itu, jika ASN lama tidak bisa melakukan adaptasi maka mau tidak mau harus diberikan "jabat tangan emas" atau pensiun dini. Selain itu, tunjangan kinerja bagi ASN juga harus ditingkatkan.
Baca juga: Bappenas optimistis pemangkasan eselon dapat diterima birokrat
Baca juga: Pengamat: Pemangkasan eselon berdampak pada perlambatan birokrasi
Baca juga: Pengamat: Pemangkasan eselon tunjukkan percepatan reformasi birokrasi

 

Pewarta: Indriani
Editor: Masuki M. Astro
Copyright © ANTARA 2019