Gorontalo (ANTARA) - Sebanyak lima kawasan transmigrasi di Provinsi Gorontalo, masuk sebagai prioritas nasional melalui Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes, PDT dan Transmigrasi).

“Dari 120 kawasan yang telah dinilai, sebanyak 63 kawasan diusulkan sebagai kawasan prioritas nasional dalam RPJMN 2020-2024. Adapun untuk Provinsi Gorontalo yang masuk dalam prioritas nasional adalah kawasan transmigrasi Sumalata, Paguyaman Pantai, Pawonsari, Taluditi dan Pulubala,” ungkap Dirjen Penyiapan Kawasan dan Pembangunan Permukiman Transmigrasi, Hari Pramudiono, Kamis.

Baca juga: Terdapat 63 kawasan transmigrasi dalam target RPJMN 2020-2024

Penilaian Perkembangan Kawasan Transmigrasi (PKT) untuk memperoleh tiga status kawasan yaitu berkembang, mandiri dan berdaya saing.

Status kawasan ini akan berpengaruh pada intervensi anggaran dan program di lima kategori yakni ekonomi, sosial budaya, kelembagaan, jejaring sarana prasarana dan lingkungan.

“Status akan membedakan intervensi program, masing-masing kawasan akan berbeda. Kita lihat “Penyakitnya” di mana, nanti “mengobatinya” bagaimana? Intervensi di bidang mana saja yang jadi perhatian,” jelasnya.

Baca juga: Kemendes akan tingkatkan kualitas kawasan transmigrasi

Sementara itu, Asisten II Pemprov Gorontalo Sutan Rusdi menyambut baik hasil penilaian tersebut.

Menurutnya, masuknya lima daerah transmigrasi menjadi prioritas nasional menunjukkan ada komitmen pemerintah provinsi maupun kabupaten/kota untuk memajukan PKT.

“Ada komitmen dari Bapak Gubernur termasuk para Bupati untuk memperhatikan kawasan transmigrasi. Misalnya infrastruktur jalan yang dibangun, akses air bersih dan lain-lain. Ini menunjukkan ada sinergitas yang baik antara pusat dan daerah," ujarnya.

Data Kemendes, PDT dan Transmigrasi menyebut hingga saat ini sudah ada 260 kawasan transmigrasi yang masuk prioritas nasional.

Jumlah itu terdiri dari 140 pada RPJMN 2014-2019 serta 120 pada RPJMN 2019-2024.**

Baca juga: Pemerintah bangun 50 kawasan transmigrasi dalam lima tahun
Baca juga: KSP: Kolaborasi lembaga kawasan transmigrasi mengarah transpolitan
Baca juga: Kalimantan Tengah buka kawasan transmigrasi baru

 

Pewarta: Debby H. Mano
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2019