Jakarta (ANTARA) - Facebook Inc memasukkan fitur katalog baru untuk para pengguna WhatsApp Bisnis, yang untuk saat ini hanya terdapat di beberapa negara.

"Hari ini kami memperkenalkan katalog di aplikasi WhatsApp Bisnis untuk mempermudah penawaran produk dan bisnis," kata WhatsApp, anak perusahaan Facebook, melalui siaran di blog resmi mereka.

Fungsi utama katalog di aplikasi berkirim pesan untuk akun bisnis ini untuk menampilkan barang-barang dagangan agar konsumen yang ingin berbelanja dapat dengan mudah memilih produk yang ingin dibeli.

Sebelum ada fitur katalog, tanya jawab seputar produk dan spesifikasinya berlangsung dengan cara manual, penjual perlu mengirimkan foto dan penjelasan satu per satu.

Katalog produk di WhatsApp Bisnis mirip dengan katalog yang ditemui di platform e-commerce, konsumen bisa melihat foto, harga barang hingga deskripsi dan kode produk melalui aplikasi.

"Katalog membuat pemilik bisnis terlihat lebih profesinal dan konsumen tetap berada di dalam obrolan, tidak perlu lagi mengunjungi situs," kata WhatsApp.

Katalog di WhatsApp Bisnis untuk sementara baru tersedia di beberapa negara, yaitu Indonesia, Amerika Serikat, Brazil, Jerman, India, Meksiko dan Inggris Raya, baik untuk Android maupun iPhone.

Baca juga: Setelan privasi terbaru WhatsApp berguna atasi mis-informasi

Baca juga: Kominfo terus pantau perkembangan kasus peretasan WhatsApp

Baca juga: WhatsApp tambah opsi kontrol privasi untuk Android

Penerjemah: Natisha Andarningtyas
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2019