Liga Italia

Jadwal Liga Italia: Duel tim raksasa kontra raksasa tidur

Jadwal Liga Italia:  Duel tim raksasa kontra raksasa tidur

Pesepak bola Juventus Douglas Costa (kiri) melakukan selebrasi usai membuat gol kedua untuk timnya saat melawan  Lokomotiv Moscow dalam laga babak lanjutan Group D Liga Champion, di Stadion RZD Arena, Moscow, Rusia, Rabu (6/11/2019). Gol yang dibuat Douglas Costa pada masa injury time babak kedua membuat Juventus unggul atas lawannya Lokomotiv Moscow 2-1. ANTARA FOTO/Reuters-Maxim Shemetov/hp.

Jakarta (ANTARA) - Salah satu laga yang mestinya menarik pada pekan ke-12 Liga Italia adalah duel tim raksasa Juventus melawan raksasa tidur AC Milan, yang akan berlangsung pada Senin dini hari WIB.

Suasana moral pemuncak klasemen Juventus sedang sangat baik, pada pertandingan terakhirnya di Liga Italia, La Vecchia Signora memenangi derby Turin dengan skor 1-0 atas Torino, kemudian di Liga Champions pada tengah pekan mereka menang 2-1 di markas Lokomotiv Moscow.

Situasi kebalikan dihadapi Rossonerri. Setelah menang atas tim papan bawah SPAL pada tengah pekan lalu, mereka kemudian dipermalukan tamunya Lazio pada akhir pekan silam.

Sampai Jumat, Juve tidak mengalami masalah cedera pemain yang mengganggu. Absennya kapten Giorgio Chiellini dapat ditambal dengan semakin membaiknya permainan bek Belanda Matthijs de Ligt.

Baca juga: Gol semata wayang De Ligt antar Juventus menangi Derby Della Mole

Di kubu Milan, konsistensi masih menjadi masalah bagi pasukan Stefano Pioli. Baik saat tampil sebagai tuan rumah maupun sebagai tim tamu, Milan kesulitan mengamankan hasil-hasil positif.

Catatan statistik terkini jelas masih memihak klub asal Turin. Dalam enam pertemuan terakhir dengan Milan, Juve selalu menyapu bersih kemenangan.

Dengan solidnya skuat yang dimiliki Juve, sangat sulit bagi Milan untuk setidaknya mengamankan satu poin dari lawatannya ke Stadion Juventus.

Baca juga: Juve amankan tiket fase gugur setelah kalahkan Lokomotiv

Inter berpeluang rebut pucuk klasemen

Tim peringkat kedua Inter Milan kemungkinan akan meraih poin penuh saat menjamu Verona, dan sekaligus membawa mereka merebut pucuk klasemen, setidaknya untuk sementara.

Inter akan bermain 24 jam lebih awal dari Juve, yakni pada Minggu dini hari WIB. Mereka memang menelan kekalahan pada pertandingan terakhirnya, yakni takluk 2-3 dari Borussia Dortmund di Liga Champions, namun kekuatan Inter di kompetisi domestik masih ditakuti.

Di Liga Italia, Inter selalu meraih kemenangan setelah ditahan imbang Parma pada akhir Oktober. Mereka menang 2-1 atas tuan rumah Brescia dan menang dengan skor serupa di kandang Bologna.

Baca juga: Bertandang ke Bologna, Lukaku sumbang dua gol kemenangan Inter Milan

Verona juga mencatatkan dua kemenangan beruntun pada dua laga terakhirnya, yakni ketika berhadapan dengan Parma dan Brescia.

Tetapi dengan kekuatan lini depan yang dimiliki Inter dalam diri Romelu Lukaku dan Lautaro Martinez, sulit untuk memperkirakan Inter akan kesulitan mencetak gol. Bahkan, Inter akan memanfaatkan kesempatan untuk menambah tekanan kepada Juve.

Tim ibukota akan terus bersaing

Dua tim ibukota, AS Roma dan Lazio, akan terus bersaing untuk mengamankan posisi di papan atas, saat mereka berhadapan dengan Parma dan Lecce.

Giallorossi sedang berada dalam tren bagus dengan raihan tiga kemenangan beruntunnya. Sayangnya, di Liga Champions pada tengah pekan langkah mereka terganjal di markas Borusia Moenchengladbach yang menang dengan skor 2-1.

Di kubu Parma, mereka sudah tiga pertandingan puasa kemenangan. Setelah menang besar atas Genoa pada pertengahan Oktober, Gialloblu hanya mampu meraih satu hasil seri dan dua kekalahan.

Baca juga: Lazio akhiri puasa kemenangan 30 tahun di kandang Milan

Pada musim lalu, Roma selalu keluar menjadi pemenang dalam dua pertandingan melawan Parma. Catatan yang berpeluang besar diulangi kembali pada Senin dini hari.

Rival Roma, Lazio, "hanya" akan menjamu tim peringkat ke-16 Lecce. Sebagaimana Roma, Lazio juga selalu mencatatkan kemenangan dalam tiga pertandingan terakhirnya di liga domestik. Sayangnya, seperti juga tim sekotanya, Lazio kalah 1-2 dari Glasgow Celtic pada pertandingan Liga Europa Jumat dini hari WIB.

Baca juga: Lazio bawa pulang tiga poin dari markas Fiorentina

Atalanta berpeluang menjaga posisi tetap di papan atas saat mereka melawat ke markas tim zona merah Sampdoria. Gli Orobici sangat ingin kembali ke jalur kemenangan setelah gagal meraih tiga poin dalam dua laga terakhirnya di Liga Italia.

Sampdoria mencatatkan kemenangan dalam pertandingan terakhirnya di Liga Italia, namun itu hanya merupakan kemenangan kedua mereka musim ini.

Berikut jadwal Liga Italia pekan ke-12 (dalam WIB, tuan rumah disebut pertama):

Sabtu (9/11) dini hari
02.45 Sassuolo vs Bologna

Sabtu (9/11) malam hingga Minggu (10/11) dini hari

21.00 Brescia vs Torino
00.00 Inter Milan vs Verona
02.45 Napoli vs Genoa

Minggu (10/11) sore hingga Senin (11/11) dini hari

18.30 Cagliari vs Fiorentina
21.00 Lazio vs Lecce
21.00 Sampdoria vs Atalanta
21.00 Udinese vs SPAL
00.00 Parma vs Roma
02.45 Juventus vs AC Milan

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar