Dinas Perikanan Sumsel minta KKP sediakan tempat pelelangan

Dinas Perikanan Sumsel minta KKP sediakan tempat pelelangan

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sumsel, Widada Krisna. (ANTARA/Yudi Abdullah/19)

Palembang (ANTARA) - Dinas Kelautan dan Perikanan Sumatera Selatan meminta Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menyediakan tempat pendaratan dan pelelangan ikan di sejumlah sentra produksi ikan provinsi..

"Salah satu sentra produksi ikan yang telah lama menantikan tempat pendaratan dan pelelangan ikan yang memadai yakni dii kawasan perairan Sungsang, Kabupaten Banyuasin," kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sumsel, Widada Krisna di Palembang, Jumat.

Keinginan masyarakat dan nelayan di kawasan Sungsang beberapa waktu lalu sudah disampaikan kepada Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo ketika berkunjung ke daerah ini.

"Menteri langsung merespon kebutuhan tempat pendaratan dan pelelangan ikan dan berjanji segera merealisasikannya," ujarnya.

Baca juga: Menteri Kelautan dan Perikanan dukung Sumsel bangun pembibitan udang

Baca juga: Sumsel berupaya pertahankan produsen terbesar ikan patin

Baca juga: Warga Desa Bunglai tangkap ikan pari berbobot 200 Kg


Selain mengupayakan pembangunan tempat pendaratan dan pelelangan ikan, pihaknya juga berupaya membenahi sentra produksi perikanan di sejumlah daerah dalam wilayah Sumsel untuk meningkatkan kegiatan produksi, kualitas, dan distribusi hasil laut.

Pembenahan sentra produksi di Desa Muara Sungsang, Kecamatan Banyuasn II, Kabupaten Banyuasin, yang menjadi salah satu sentra produksi perikanan terbesar di provinsi itu diharapkan dapat memotivasi nelayan menangkap ikan lebih banyak dan mudah memasarkannya.

Untuk menjaga kualitas dan mengatur penjualan hasil tangkapan nelayan, pihaknya juga akan membangun gudang es untuk penyimpanan ikan serta membangun pelabuhan khusus nelayan di daerah pesisir itu.*

Pewarta: Yudi Abdullah
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2019

KKP segera hidupkan kembali pelelangan ikan di Sungsang

Komentar