Jakarta (ANTARA) - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono akan membangun irigasi baru seluas 500 ribu hektar dalam rangka mengakselerasi sektor pertanian.

"Rehabilitasi irigasi ke depan sekitar 2,5 juta hektar, kemudian untuk pembangunan irigasi baru seluas 500 ribu hektar," ujar Menteri Basuki di Jakarta, Jumat.

Menteri PUPR mengatakan ke depannya Kementerian PUPR akan sepenuhnya mengurus sektor irigasinya, sedangkan Kementerian Pertanian mengurus sektor agrikulturnya.

"Kami nanti akan melihat provinsi lumbung- padi atau lumbung pertanian yang mana saja. Terdapat 15 provinsi sesuai dengan tujuh syarat untuk agrikultur, antara lain kesesuaian lahan, ada petaninya, airnya, aksesibilitasnya, iklimnya baik, jadi kriterianya seperti itu," katanya.

Kementerian PUPR akan fokus pada 15 provinsi sesuai dengan fokus juga dari Kementerian pertanian, sehingga hal tersebut menjadi sinkron.

Sementara itu Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan bahwa kunjungannya pada Jumat (8/11) kepada Menteri PUPR Basuki Hadimuljono untuk menjajaki berbagai program yang mungkin bisa disatukan dengan Kementerian PUPR, yang memang menangani semua aspek infrastruktur, termasuk infrastruktur-infrastruktur terkait dengan pertanian yang dibutuhkan agar dapat akselerasi pertanian dan kepentingan rakyat yang bermuara pada hadirnya tenaga kerja dan marjin yang lebih baik.

"Pertanian itu akan ada kalau irigasinya dibenahi dengan baik. Hari ini komitmen yang paling tinggi dari Menteri PUPR yang saya dapatkan adalah Menteri PUPR akan mendukung penuh saya selaku menteri pertanian khususnya pada provinsi-provinsi andalan di bidang pangan untuk mendapatkan dukungan maksimal dari Menteri PUPR," ujar Mentan.

Mentan Syahrul Yasin Limpo berharap kerjasama dan sinkronisasi antara Kementerian Pertanian dengan Kementerian PUPR dapat terwujud dalam nota kesepahaman hingga mengimplementasikannya secara teknis.

"Saya kira ini sebuah kebahagiaan bagi saya dan tentu ke depannya kita tidak hanya berkomitmen dalam bicara saja atau pertemuan ini, namun terwujud dalam nota kesepahaman sampai dengan mengimplementasikannya secara teknis," kata Mentan.

Dalam ima tahun terakhir , Kementerian PUPR telah melakukan pembangunan irigasi baru seluas satu juta hektar dan rehabilitasi irigasi seluas tiga juta hektar.

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2019