Ya sarjana komplet. Aktif di sosial, budaya, perdamaian dan seni rupa juga
Yogyakarta (ANTARA) - Universitas Gadjah Mada menyambut gembira penganugerahan gelar Pahlawan Nasional untuk Prof. Dr. M. Sardjito karena telah memperjuangkan pengusulan gelar itu sejak sembilan tahun silam.

"Tahun 2011 tim mulai dan Juli 2012 sudah ada surat pengusulan," kata salah satu anggota tim pengusul, Prof. Dr. dr. Sutaryo, melalui keterangan tertulis di Yogyakarta, Jumat.

Dia menjelaskan Sardjito yang juga Rektor pertama UGM merupakan sosok ilmuwan pejuang sekaligus pejuang ilmuwan. Sardjito fokus dan aktif waktu itu di bidang pendidikan seperti di Budi Utomo.

Sardjito juga sebagai peletak Pancasila sebagai dasar perguruan tinggi di Indonesia. Ia juga dikenal sebagai pendiri Palang Merah Indonesia (PMI) dan banyak meneliti obat-obatan bagi rakyat maupun pejuang kemerdekaan.

"Ya sarjana komplet. Aktif di sosial, budaya, perdamaian dan seni rupa juga," katanya.

Baca juga: Rektor UGM temui Wapres usulkan Sardjito jadi pahlawan nasional

Rektor UGM Prof Panut Mulyono mengaku bangga dengan gelar Pahlawan Nasional bagi almarhum Prof. Sardjito.

"Semoga kita dapat meneladani semangat dan ketulusan almarhum dalam berjuang bagi masyarakat, bangsa, dan negara. Almarhum Prof. Sardjito adalah ilmuwan pejuang dan pejuang ilmuwan," kata dia.

Anugerah itu juga disambut bahagia pihak keluarga almarhum Sardjito.

Budhi Santoso, salah satu keluarga Sardjito, merasa bahagia dengan anugerah tersebut.

Mewakili keluarga, ia mengucapkan terima kasih kepada seluruh tim yang telah berusaha secara maksimal memperjuangkan Sardjito sebagai Pahlawan Nasional.

"Ini anugerah istimewa bagi keluarga. Atas nama keluarga kami mengucapkan terima kasih kepada tim yang telah memperjuangkan pemberian gelar tersebut," kata doa.

Baca juga: Dua tokoh asal Yogyakarta akan dianugerahi gelar Pahlawan Nasional
Baca juga: Gelar pahlawan nasional dianugerahkan pada dua tokoh asal Yogyakarta

Pewarta: Luqman Hakim
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2019