Berlin (ANTARA) - Puluhan pegawai tambang di Jerman timur berhasil diselamatkan pada Jumat setelah terjebak 700 meter di bawah tanah pascaledakan di tambang kalium, menurut Kepolisian.

Lembaga penyiaran daerah MDR melaporkan bahwa dinas pemadam kebakaran telah melakukan operasi penyelamatan, dan tak lama setelah itu Kepolisian daerah mencuit di Twitter: "Semua pegawai selamat."

Menurut situs berita Mitteldeutsche Zeitung, sebelum evakuasi otoritas pertambangan menyebutkan salah satu pegawai mengalami luka serius.

Personel yang berada di bawah tanah untuk sementara mengungsi ke sektor tambang yang aman di Teutschenthal, sekitar 150 km barat daya Berlin, dan diberikan oksigen.
Baca juga: 13 orang tewas dalam ledakan tambang batubara Ceko

Otoritas pertambangan mengatakan bahwa kemungkinan staf yang terjebak dapat diangkat ke permukaan melalui shaft (lubang bukaan yang menghubungkan tambang bawah tanah dengan permukaan bumi) yang masih utuh.

Tambang itu, yang berada di luar Kota Halle, ditutup pada 1982 namun sedang digunakan untuk menampung limbah tambang dari berbagai lokasi, demikian situs tersebut.

Sekitar 100 orang pegawai berada di lokasi tersebut.

Sumber: Reuters
​​​​​​​Baca juga: Jerman pun hadapi kelangkaan SDM teknologi konstruksi dan tambang
Baca juga: Inovasi mesin pengebor tambang ala Jerman

Penerjemah: Asri Mayang Sari
Editor: Maria D Andriana
Copyright © ANTARA 2019