Tenis

Barty tekuk Garcia pada final Piala Federasi

Barty tekuk Garcia pada final Piala Federasi

Petenis Australia Ashleigh Barty. (REUTERS/ALY SONG)

Perth, Australia (ANTARA) - Petenis nomor satu dunia Ashleigh Barty membuat Australia menyamakan kedudukan pada final Piala Federasi setelah hari ini dia menghancurkan wakil Prancis Caroline Garcia 6-0, 6-0. Sebelumnya petenis Prancis Kristina Mladenovic melumat rekan senegara Barty, Ajla Tomljanovic.

Barty yang baru saja menjuarai WTA Final di China, masuk lapangan dengan agak tertekan setelah Tomljanovic dihempaskan 1-6, 1-6 dalam debutnya pada turnamen ini oleh Mladenovic.

Tetapi di bawah suhu 38 derajat Celsius dia malah tampil dingin untuk membabat petenis kedua Prancis itu di hadapan 13.000 pendukung.

Kedudukan kini 1-1 menjelang dua pertandingan tunggal Minggu dan sebuah pertandingan ganda putri jika diperlukan.

Baca juga: Nadal cari peluang kemenangan perdana ATP Finals

Australia membidik gelar kedelapannya untuk turnamen ini dan sekaligus yang pertama dalam 45 tahun terakhir. Sebaliknya Prancis memburu gelar ketiganya yang juga yang pertama sejak 2003.

"Saya senang sekali bisa kembali ke sini di Perth. Saya mengawali karir di sini dan sangat menyenangkan bisa menuntaskan pertandingan ini," kata Barty seperti dikutip AFP.

Tomljanovic dijadwalkan bermain kembali Minggu, tetapi penampilannya melawan Mladenovic membuat kapten tim Australia Alicia Molik mungkin beralih kepada Samantha Stosur.

Kapten Prancis Julien Benneteau juga menghadapi dilema serupa setelah Garcia kalah begitu mudah. Dia masih punya pilihan pada diri Alize Cornet, Fiona Ferro atau Pauline Parmentier.

Baca juga: Delapan petenis teratas bersiap hadapi turnamen ATP akhir tahun

Penerjemah: Jafar M Sidik
Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar