penghargaan tersebut harus menjadi motivasi untuk wilayah yang lain
Lumajang, Jawa Timur (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Lumajang, Jawa Timur kembali mendapatkan penghargaan yang kali ini penghargaan inovasi di bidang kesehatan dalam acara Indonesia Healthcare Forum (IndoHCF) Innovatioan Awards III Tahun 2019 yang berlangsung di Ice BSD City, Tangerang, Sabtu.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung Dirjen Pembangunan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Muhammad Hudori kepada Bupati Lumajang Thoriqul Haq.

"Penghargaan tersebut harus menjadi motivasi untuk wilayah yang lain di Kabupaten Lumajang yakni menciptakan inovasi yang bisa disesuaikan dengan karakteristik masing-masing wilayahnya," kata Bupati Lumajang Thoriqul Haq dalam siaran persnya yang diterima ANTARA di Kabupaten Lumajang, Sabtu.

​​​​​​Inovasi yang mendapatkan penghargaan adalah Gebrakan Pegelaran aksi Bersama Sekolah Sehat Asri (Pagi Berseri) dari Puskesmas Randuagung yang berhasil memperoleh penghargaan Platinum Award dalam kategori bidang Inovasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dan Program Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM)

Baca juga: Lima nominasi terbaik masuk final IndoHCF Innovation Awards
Baca juga: Inovasi kesehatan Jakarta ke final IndoHCF Innovation Awards III-2019


"Tentu itu meningkatkan semangat untuk supaya di tempat yang lain dan di kecamatan yang lain juga ada inovasi tentang hidup sehat, tentu dengan konteks lokal yang ada di masyarakat," katanya.

Bupati Lumajang yang biasa dipanggil Cak Thoriq berharap agar jajaran organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Lumajang terus melakukan inovasi-inovasi yang bermanfaat untuk kesejahteraan masyarakat.

"Mudah-mudahan semakin banyak inovasi yang dibuat oleh OPD di lingkungan Pemkab Lumajang," ujarnya.

Terdapat empat kategori inovasi yang diperlombakan pada ajang IndoHCF Innovation Awards III-2019 yakni Inovasi Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu (SPGDT), Inovasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), Inovasi Alat Kesehatan, dan Inovasi ICT (Information And Communication Technology) Kesehatan.

Khusus untuk kategori Inovasi Program Germas terdapat dua sub kategori yaitu Program UKM (Upaya Kesehatan Masyarakat) dan Video Promosi Kesehatan.

Baca juga: IndoHCF jaring inovasi kesehatan dari kegawatdaruratan hingga alkes
Baca juga: KREKI-119 aplikasi daring untuk pertolongan kegawatdaruratan


Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2019